1153 MAHASISWA BARU IBI DARMAJAYA IKUTI ORIES

1153 MAHASISWA BARU IBI DARMAJAYA IKUTI ORIES

BANDARLAMPUNG — Sebanyak 1153 mahasiswa baru Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya mengikuti masa orientasi studi (ories) yang digelar kampus setempat, kemarin (16/9). Dipusatkan di lapangan utama IBI Darmajaya, kegiatan ini digelar dalam rangka memberikan pemahaman akademik kepada seluruh calon mahasiswa baru.

Peserta Ories terdiri dari program Studi Teknik Informatika (166), Sistem informasi (234), Sistem Komputer (81), Manajemen Informatika (22), Teknik Komputer (15), Manajemen (411), Akuntansi S1 (205), dan Akuntansi D3 (19). Peserta yang merupakan mahasiswa angkatan sebelumnya yang belum menjalani Ories juga diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ini.

Membuka acara tersebut, Wakil Rektor III, Novita Sari, S.Sos. M.M, yang mewakili Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE.MA, pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru dan menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan mereka yang telah menjadikan IBI Darmajaya sebagai pilihan untuk menimba ilmu ditingkat perguruan tinggi.

Mahasiswa diharapkan bisa menjadi bagian dari IBI Darmajaya dan bersama-sama mengemban misi mulia untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing, demi Indonesia yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan tema Ories tahun 2014 yakni “Dengan ories, mahasiswa Baru 2014 menjadi mahasiswa berkarakter, berprestasi dan berdaya saing”.

“IBI Darmajaya merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Lampung yang senantiasa menjaga kualitas serta menjunjung tinggi kejujuran dalam menjalankan proses pendidikan. Kami memiliki komitmen untuk melahirkan mahasiswa yang tak hanya berprestasi dibidang akademik, tetapi juga non akademik. Kehadiran mahasiswa baru diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam mewujudkan hal tersebut” katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Yayasan Alfian Husin, Ary Meizary, SE.MBA, mewakili Ketua Dewan Pembina Yayasan, Hi. Alfian Husin, SH, dalam sambutannya berharap kegiatan Ories tahun ini dapat memunculkan individu yang berkarakter, berprestasi dan kreatif di kalangan mahasiswa. “Melalui materi yang disampaikan oleh sejumlah motivator dan narasumber, diharapkan akan membuka wawasan mahasiswa untuk memulai lembaran baru dalam menuntut ilmu.” tutur Ary.

Ketua panitia Ories, Ibdi Irwanto, SE, menjelaskan Ories merupakan wahana bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenal perguruan tinggi Darmajaya, dengan harapan mahasiswa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan kampus. Dalam kegiatan ini dipaparkan pula arah kebijakan, proses pelayanan baik bidang akademik maupun non akademik,  serta pengenalan fasilitas kampus.

Untuk membuka wawasan dan menginspirasi kaum muda kepada hal yang positif, pada Ories Darmajaya juga akan diselenggarakan seminar entrepeneurship oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Selain itu juga diadakan penyuluhan tentang bahaya narkoba dan free sex oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Lampung dan PIK Mahasiswa Sehati, sosialisasi peraturan lalu lintas dan bahaya narkoba oleh Polda Lampung, dan kuliah umum tentang strategi membangun budaya oleh Sekal Sugiharto dari Mabes Polri.

“Berlangsung hingga Jumat (19/9) mendatang, kegiatan menarik lainnya yakni digelarnya workshop bertajuk ‘Youth participation in ASEAN Community’ yang akan diisi langsung oleh native speaker dari Thailand yang hadir melalui program Passage to ASEAN. Workshop ini digelar dalam rangka membangun kesadaran mahasiswa tentang globalisasi dan bagaimana partisipasi pemuda dalam menghadapi ASEAN Economic Community yang akan dibuka pada 2015 mendatang.” paparnya.

Diharapkan kegiatan Ories bisa menambah wawasan mahasiswa baru tentang pentingnya kesadaran akan kemandirian belajar, merencanakan studi, memiliki komitmen untuk melakukan kreativitas, mengembangkan potensi menjadi prestasi dengan memanfaatkan fasilitas dan kesempatan yang ada ketika menjadi mahasiswa.

TERAPKAN ORIES YANG EDUKATIF DAN MENYENANGKAN

Sama seperti pelaksanaan Ories tahun-tahun sebelumnya, pada pelaksanaan Ories IBI Darmajaya tahun 2014 ini mahasiswa ditekankan untuk menghindari praktik perpeloncoan atau kekerasan kepada mahasiswa baru. Sebaliknya, Ories harus dilaksanakan dengan edukatif, humanis dan mendidik.

“Pelaksanaan Ories tahun ini, mahasiswa baru benar-benar diberikan sajian yang sangat edukatif. Ories diisi dengan pengenalan, workshop, dan diskusi. Kami melarang keras perpeloncoan, tidak ada hukuman-hukuman fisik maupun psikis. Sebagai seorang akademisi, sudah saatnya kita melaksanakan Ories yang mengedepankan intelektualitas dan penanaman nilai-nilai moral yang bermanfaat bagi mahasiswa” ucap Ibdi.

Games yang disajikan pun mengandung unsur edukatif, seperti DJ Pintar yakni permainan yang mengasah kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dan menebak kata seputar informasi IBI Darmajaya. “Tak hanya itu, rencananya kita juga akan mengadakan game entrepreneur, dimana masing-masing kelompok wajib memiliki produk yang bisa mereka jual kepada kelompok lainnya. Kelompok dengan transaksi tertinggi atau keuntungan terbanyak, maka akan dinyatakan sebagai pemenang. Games ini dilakukan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa” katanya

Menurutnya, menciptakan format Ories yang edukatif adalah salah satu solusi yang harus digagas oleh panitia pelaksana yang nantinya menghapus tradisi kekerasan. Pemberlakukan sanksi tetap dijalankan, hanya saja tidak mengarah pada tindakan fisik tetapi lebih kepada hukuman yang bersifat edukasi seperti uji pengetahuan mahasiswa tentang kewarganegaraan, pengetahuan umum dan pengetahuan lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *