1158 MAHASISWA BARU IKUTI ORIES DARMAJAYA 2013

BANDAR LAMPUNG—-Sebanyak 1158 mahasiswa baru memadati lapangan futsal Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya pada Rabu (11/9) untuk mengikuti Pembukaan Orientasi Studi (Ories) yang bertemakan “Menuju Generasi Muda yang Cerdas, Berkarakter, dan Mandiri”. Sejumlah pembicara akan mengisi beragam kegiatan Ories IBI Darmajaya pada 11-14 September 2013, diantaranya, BKKBN Provinsi Lampung, Kapolda Lampung, Kol. CZI Amalsyah Tarmizi, S.IP., HIPMI Provinsi Lampung, hingga penulis buku terkenal dari Jakarta, Muthia Esfand dengan karyanya “Woman Self Defense”.

Rektor IBI Darmajaya DR.Andi Desfiandi, SE.,MA mengatakan kegiatan Ories merupakan bentuk pengenalan kampus bagi calon mahasiswa baru di IBI Darmajaya. Dalam kegiatan Ories pula, mahasiswa baru akan dibekali soft skill dan pemahaman yang utuh tentang dunia kampus serta membekali mahasiswa baru tentang bagaimana berpikir, belajar, berinteraksi, dan berorganisasi serta melaksanakan administrasi perkuliahan. “Kami berharap mahasiswa selalu menumbuhkan budaya berpikir ilmiah dan jiwa entrepreneurship, jiwa kepemimpinan, budaya disiplin, menanamkan pentingnya nilai sebuah pergerakan sebagai pengabdian kepada bangsa dan negara, serta menanamkan nasionalisme dan rasa cinta terhadap almamaternya,”ujar Andi.

Kepala Bagian Pemasaran dan Administrasi Penerimaan Mahasiswa Baru sekaligus Ketua Panitia Pelaksanaan Ories 2013/2014 Ibdi Irwanto, S.E mengatakan Ories akan berlangsung pada 11-14 September 2013. Ibdi menerangkan, pada Rabu, (11/9), digelar pembukaan Ories yang diisi dengan pemberian penghargaan kepada mahasiswa berprestasi tahun akademik 2012/2013. Darmajaya juga menghadirkan pembicara dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Lampung yang memberikan “Motivasi menjadi Entrepreneurship”. “HIPMI akan berbagi kiat menjadi seorang yang sukses, dan mengajak mahasiswa untuk menjadi pengusaha muda. Di hari yang sama, IBI Darmajaya akan memberikan penguatan karakter mahasiswa muda yang memiliki wawasan kebangsaan yang kuat dan berimplementasi dengan menghadirkan Kol.CZI Amalsyah Tarmizi,” papar Ibdi.

Tidak ketinggalan, di hari pertama Ories, Darmajaya mengajak mahasiswa baru untuk “Go Global with DJ” dengan menguasai bahasa dunia yaitu bahasa Inggris, Prancis, dan lainnya. Dengan disertai sosialisasi program pertukaran mahasiswa (Student Mobility). “Kami ingin berbagi manfaat menguasai berbahasa asing, cara mudah belajar bahasa asing, memberikan peluang beasiswa ke luar negeri, sharing dengan mahasiswa yang telah melakukan student mobility, pemaparan keunggulan student mobility, dengan menghadirkan native speaker,” ujar Ibdi.

Lebih lanjut Ibdi menerangkan, pada Kamis, (12/9), ribuan mahasiswa baru akan mendapat pembekalan dari BKKBN Provinsi Lampung yang bekerjasama dengan organisasi mahasiswa Darmajaya PIK Sehati (Pusat Informasi Konseling-Smart Empathy Healthy Active Integrity). “Mereka akan memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba dan free sex. Kemudian pemaparan sosialisasi peraturan lalu lintas dan bahaya narkoba oleh Kapolda Lampung. Darmajaya juga memberikan Pelatihan Women Self Defense oleh penulis buku terkenal Muthia Esfand. Disertai, pengundian hadiah laptop bagi lima mahasiswa baru yang beruntung,” ungkap Ibdi.

Kemudian, pada Jumat (13/9) dan Sabtu (14/9), mahasiswa baru mendapat pengenalan jurusan dan kegiatan Himpunan Mahasiswa serta menyaksikan beragam aktraksi menarik dari seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Darmajaya. “Setelahnya ada kegiatan Parent’s Day pada 18-20 September 2013, dimana seluruh orangtua mahasiswa baru mendapat penjelasan mengenai kegiatan kemahasiswaan yang akan diikuti putra-putri mereka dan kuliah perdana dimulai pada 16 September 2013,” ujar Ibdi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *