Apindo Lampung – IIB Darmajaya Sosialisasi Program Magang MBKM di UMKM

Apindo Lampung – IIB Darmajaya Sosialisasi Program Magang MBKM di UMKM

WhatsApp Image 2022-03-21 at 16.25.02 WhatsApp Image 2022-03-21 at 16.23.18 WhatsApp Image 2022-03-21 at 16.24.21 WhatsApp Image 2022-03-21 at 16.24.41
<
>

BANDARLAMPUNGInstitut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung menggelar Sosialisasi Program Magang MBKM, di Aula Lantai 3 Gedung Alfian Husin, Senin (21/3/22).

Sosialisasi diisi Edi Darmawansah (Co Founder datangin.id), Yayan Sopian (Kabid UMKM DPD Apindo Lampung), Asep Muzaki Senafal (Trainer, Mentor & Business Coach), dan Shinta (Owner Keripik Shinta). Peserta merupakan mahasiswa semester IV dan VI IIB Darmajaya.

Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. H. Firmansyah Y. Alfian., MBA., M.Sc., mengatakan mahasiswa diharapkan dapat memahami program baru yang dilaunching Apindo dan UMKM di Provinsi Lampung. “Mudah-mudahan program ini dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Program ini, lanjut dia, dapat mengcreate mahasiswa untuk menjadi entrepreneur. “Program IIB Darmajaya dengan kolaborasi bersama Apindo Lampung untuk menciptakan technopreneur-techopreneur dimana setelah lulus tidak lagi mencari kerja tetapi menciptakan lapangan kerja,” ujarnya.

Firmansyah menuturkan mahasiswa akan didampingi oleh mentor yang memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing dalam menjalani magang bersama Apindo Lampung.

“Untuk menjadi tenaga profesional dan tenaga handal. Program kerja sama ini anak-anak akan ditempatkan di UMKM yang juga didampingi mentor dari perusahaan-perusahaan yang tergabung di Apindo Lampung,” imbuhnya.

Menurut dia, output yang akan didapatkan juga selain UMKM menjadi berkembang dan anak-anak akan mendapatkan ilmu dari mentor-mentor yang mendampinginya. “Saya berharap mahasiswa dapat memanfaatkan sebaik-baiknya. Kuotanya 120 mahasiswa dan terdapat 20 UMKM yang akan didampingi,” terangnya.

Sementara, Ketua DPD Apindo Lampung Ary Meizari Alfian mengatakan ini merupakan program pertama dari Apindo Lampung. “Program MBKM di launching oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makariem karena lulusan tidak siap pakai. Maka diluncurkan Program MBKM yang terdapat 8 bidang,” ungkapnya.

Magang ini, lanjut dia, merupakan program pertama kali yang akan menyiapkan mahasiswa siap pakai. Pihaknya sudah melakukan diskusi dengan mengundang seluruh perusahaan dan menyetujui serta menyambut baik program ini.

“Program ini bisa memperkaya manfaat mahasiswa IIB Darmajaya. Besar harapan saya untuk bisa sesegera mungkin mahasiswa berpartisipasi dalam program ini dan menjadi percontohan di Indonesia,” bebernya

Ary menambahkan kesempatan emas buat mahasiswa yang ingin mendapatkan skill siap pakai dan profesional dalam dunia kerja. “Sebelumnya mahasiswa juga akan diberikan pelatihan terlebih dahulu dan menjalani seleksi dengan disesuaikan minatnya,” tandasnya. (**)

Leave a Reply