APTISIWilayah II-B Lampung Komitmen Wujudkan PTS Sehat dan Mandiri

APTISIWilayah II-B Lampung Komitmen Wujudkan PTS Sehat dan Mandiri

<
>

Bandar Lampung –Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah II-B Lampung berkomitmen mewujudkan Perguruan Tinggi Swasta yang sehat dan mandiri.

Hal itu diungkap Ketua APTISI Wilayah II-B Lampung periode 2012-2016 M. Badri Burhan, SP., MMP., MSi didampingi Ketua Musyawarah Wilayah V APTISI Wilayah II-B Lampung, Ir. Firmansyah Y Alfian, MBA., MSc, kemarin (06/01).

Lanjutnya, PTS yang sehat yakni menjalankan proses pendidikan sesuai dengan undang-undang dan ketentuan yang berlaku. Menurutnya, PTS juga selama ini telah mandiri, karena berdiri, jatuh, dan mampu bangkit kembali dengan perjuangan sendiri. Namun, ia juga tetap berharap pemerintah dapat memperhatikan PTS secara seimbang dengan PTN.

“APTISI Wilayah II-B Lampung merupakan wadah bagi PTS untuk bekerjasama, saling mendukung, dan membantu untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Lampung,” ujarnya.

Rektor Univeritas Muhammadyah Lampung, Dr. AgusPahrudin M.Pd mengungkapkan, terdapat 80 PTS di Lampung yang memiliki 68.000 mahasiswa dan lebih dari 3000 dosen dengan beberapa Profesor, 30 persen bergelar Doktor, dan lainnya bergelar Magister.

“Jumlah mahasiswa PTS lebih besar dibanding jumlah mahasiswa dari 6 PTN di Lampung. Ini menunjukkan bahwa PTS memiliki kekuatan yang besar untuk memberikan perubahan terhadap daerah dan berkontribusi besar dalam membentuk sumber daya manusia (SDM) di Lampung,” paparnya.

Dijelaskan Dr. Agus, tenaga kerja di Lampung hampir 78 persen merupakan lulusan-lulusan dari PTS. Meskipun terdapat persaingan antar PTS, diharapkan setiap PTS dapat berkompetisi secara sehat untuk berjuang, bekerjasama, saling membantu dalam peningkatan kualitas pendidikan dan mencerdaskan anak bangsa.

Menurutnya, di Pulau Jawa, masyarakat banyak yang lebih memilih PTS dibanding PTN. Karena tidak ada perbedaan signifikan antara PTN dan PTS, dimana yang membeda kualitas perguruan tinggi adalah akreditasinya. Nantinya, peran APTISI mendorong hal yang sama di Lampung. Hal itu akan dilakukan Ketua terpilih APTISI Wilayah II-B Lampung periode 2017-2021 hasil Muswil ke V, esok (09/01).

Tambah Agus, APTISI juga mendapat dorongan dari Gubernur Lampung, Ridho Ficardo untuk bersinergi menjadikan Lampung sebagai destinasi pendidikan bagi mahasiswa daerah lain di Indonesia.

“Lampung memiliki banyak objek pariwisata, dan ekonomi kreatif yang potensial dan menarik minat calon mahasiswa daerah lain untuk kuliah disini. Karena itu APTISI berupaya mensinergikan program-program kerja yang dapat mendukung pemerintah daerah mewujudkan harapan tersebut,” pungkasnya.(*)

Apakah berita ini menarik?