Asyiknya, Mahasiswa Darmajaya Berkreasi Baju Pelangi di Tiongkok

Asyiknya, Mahasiswa Darmajaya Berkreasi Baju Pelangi di Tiongkok

<
>

Tiongkok – Empat mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya antusias belajar berkreasi membuat baju pelangi dengan teknik Tie Dye (ikat celup). Mereka belajar menghias kain dan kaos putih polos menjadi penuh warna bercorak menarik dalam kelas matakuliah Chinese Art di Nantong Vocational Universiti (NTVU) Tiongkok, belum lama ini (20/12).

Mereka yakni Wenny Puspa Sari dan Bella Aprilia Sandra dari jurusan Teknik Informatika, serta Lisa Mahardika, dan Kristin Tiara Pita Napitu dari jurusan Akuntansi. Keempat mahasiswa IIB Darmajaya ini tengah menjalani program student mobility selama 1 semester di NTVU Tiongkok.

Kelas matakuliah Chinese Art juga diikuti mahasiswa asing lainnya asal Indonesia, Namibia, dan Nigeria. Melalui matakuliah tersebut, mahasiswa asing diperkenalkan tentang seni dan kebudayaan tradisional, termasuk membuat kerajinan tangan khas Tiongkok.

“Motif-motif yang dihasilkan oleh teknik Tie Dye (ikat celup) sangatlah beragam, tergantung pada pola dan cara mengikat kainnya. Begitu juga dengan warnanya bisa disesuaikan, dan dicampur. Sehingga menghasilkan perpaduan warna warni yang indah. Lebih keren lagi, biasanya motif-motif pada kain ataupun baju Tie Dye tidak akan sama antara satu dengan yang lain. Motif ini yang membuatnya unik, personal dan eksklusif,” ujar Kristin, Jumat (4/1).

Lisa juga mengutarakan kesan-kesannya menjalani student mobility di NTVU Tiongkok. Baginya, pernah tampil dalam acara opening ceremony party dengan bernyanyi lagu Indonesia dan lagu Lampung dihadapan mahasiswa asing menjadi pengalaman yang paling berkesan.

“Bangga rasanya bisa menyanyikan lagu Tanah Air Beta, Indonesia Pusaka, dan Bumi Lampung di negeri orang. Meskipun mereka tidak mengerti isi lagunya, tapi mereka menghargai, dan menikmati alunan musik yang kami bawakan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV, Prof. Zulkarnain Lubis, MS., PhD mengungkapkan, setiap tahun IIB Darmajaya memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk studi ke perguruan tinggi luar negeri melalui berbagai program internasional seperti student mobility, joint research, joint degree, passage to ASEAN (P2A), dan lainnya.

“Kesempatan studi ke luar negeri, bagi mahasiswa tidak hanya untuk meningkatkan ilmu akademik berstandar internasional. Mereka juga belajar untuk mengembangkan kemampuan beradaptasi, berinteraksi, berbahasa asing, dan memperluas wawasan global,” tuturnya.

Diungkapnya, tahun 2018, IIB Darmajaya mengirimkan 16 mahasiswa yang tersebar ke Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM), Nantong Vocational University (NTVU) Tiongkok, Cheng Shiu Universiti Taiwan, dan Shih Chien University Taiwan. Pada Maret mendatang, untuk kali pertama IIB Darmajaya mengirimkan 2 mahasiswa student mobility ke Russian State Social University (RSSU) Rusia.(*)

20 − two =

*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one − one =