Besok, IIB Darmajaya Gelar Talkshow Pariwisata

Besok, IIB Darmajaya Gelar Talkshow Pariwisata

<
>

Bandar Lampung – Besok (18/12), Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya siap menggelar Talkshow Pariwisata bertajuk Pengembangan E-Tourism Sebagai Strategi Promosi Zaman Now di Aula Gedung H. Alfian Husin IIB Darmajaya.

Kegiatan ini digelar Biro Humas, Kerjasama, Pemasaran, dan International Office (HKPI) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen IIB Darmajaya. Menghadirkan narasumber yakni Bupati Kabupaten Pesawaran Lampung, H. Dendi Ramadhona, ST, Sekretaris BPD Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia Lampung, Friandi Indrawan, BBA, dan Akademisi IIB Darmajaya, Prof. H. Zulkarnain Lubis, MS., PhD. Kegiatan akan dimoderatori langsung oleh Ketua Yayasan Alfian Husin, Dr. Andi Desfiandi, SE., MA.

Talkshow Pariwisata akan diikuti ratusan peserta perwakilan dari pemerintah daerah, pelaku pariwisata, para akademisi, mahasiswa, dan masyarakat umum. Pada acara ini, nantinya dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara IIB Darmajaya dan Kabupaten Pesawaran.

Rektor IIB Darmajaya, Ir. H. Firmansyah Y Alfian, MBA., MSc mengatakan, salah satu sektor yang disorot pemerintah saat ini, dan diharapkan dapat mendongkrak Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional, termasuk meningkatkan devisa Negara adalah bidang pariwisata.

Dibandingkan dengan sektor lain, pembangunan pariwisata merupakan yang paling mudah menciptakan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan melestarikan lingkungan hidup.

“Ada banyak cara promosi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Salah satu promosi yang relevan saat ini. dan mengikuti kemajuan zaman adalah promosi dengan memanfaatkan sarana digital atau disebut E-Tourism,” ujarnya.

Firmansyah melanjutkan, E-Tourism merupakan platform digital yang menghubungkan seluruh stakeholder pariwisara, mempermudah proses perizinan, mengintergrasikan seluruh kegiatan pariwisata, serta memberikan kemudahan bagi seluruh wisatawan menjelajahi pesona Indonesia melalui aplikasi yang mudah digunakan kapan saja, dan dimana saja.

Untuk itu, IIB Darmajaya menggelar Talkshow Pariwisata yang bertujuan menggali pemikiran kreatif di bidang pariwisata sebagai upaya untuk meningkatkan pariwisata daerah, dan menyosialisasikan pentingnya pengembangan E-Tourism untuk membangun identitas pariwisata daerah.

“Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatakan kontribusi sektor pariwisata untuk Pemerintah Provinsi Lampung utamanya Kabupaten Pesawaran Lampung, dan kontribusi IIB Darmajaya sebagai perguruan tinggi dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten,” ungkapnya.(*)