Buku Analysis Big Data Prodi Teknik Informatika ini yang Pertama di Lampung

Buku Analysis Big Data Prodi Teknik Informatika ini yang Pertama di Lampung

1
<
>

BANDARLAMPUNG – Dosen Prodi Teknik Informatika Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya kembali menulis dan menerbitkan buku berjudul ‘Analysis Big Data’ sebagai buku ajar tahun akademik 2020/2021.

Buku setebal 118 halaman dengan jumlah 14 bab tersebut ditulis Hary Sabita, S.T., M.T.I., dan Fitria, S.T., M. Kom. Keduanya merupakan perdana menulis dan menerbitkan buku ajar tersebut. Hary Sabita mengatakan untuk penggarapan buku dilakukannya sekitar 7 bulanan. “Materi buku memang sudah dicicil sekitar 3 sampai 4 bulan,” ungkapnya.

Menurut dia, buku yang ditulis bersama dengan Fitria tersebut masih akan disempurnakan lagi. “Buku ini belum sempurna, saya berharap terus bisa direvisi dengan materi-materi yang up to date,” ujarnya.

Hary–biasa dia disapa–berharap dapat menulis dan menerbitkan buku kembali. “Saya berharap tiap tahun bisa menerbitkan minimal satu buku bersama dengan dosen-dosen yang lain dan bisa diterbitkan oleh penerbit nasional,” imbuhnya.

Sementara, Fitria berharap buku ini dapat digunakan berkelanjutan dan terdapat edisi berikutnya. “Sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan studi kasus yang diberikan pada Analysis Big Data,” ungkapnya.

Menurut dia, buku Analysis Big Data ini juga yang pertama di Lampung. “Kami sedang melakukan penyempurnaan untuk dapat digunakan oleh khalayak eksternal (umum). Karena buku ini juga agar dapat bermanfaat untuk orang banyak,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IIB Darmajaya, Nursiyanto, S. Kom., M.T.I., mengatakan buku Analysis Big Data merupakan hibah buku ajar Tahun Akademik 2020/2021. “Terdapat tujuh dosen yang menerima hibah buku ajar diantaranya Hary Sabita dan Fitria yang menulis dan menerbitkan buku Analysis Big Data,” ungkapnya.

Nursiyanto berharap buku ajar setiap tahunnya dapat lebih banyak lagi dihasilkan dosen-dosen lainnya. “Semoga buku yang ditulis dan diterbitkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam pembelajarannya,” pungkasnya. (**)

twenty + two =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 16 =