Ciptakan WILA Trip, Tiga Mahasiswa Jurusan Bisnis Digital Darmajaya Raih P2MW 2024

Ciptakan WILA Trip, Tiga Mahasiswa Jurusan Bisnis Digital Darmajaya Raih P2MW 2024

DSCF0460
<
>

BANDARLAMPUNG Tiga mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya membuat aplikasi layanan lengkap untuk calon wisatawan yang ingin menjelajah bumi Lampung “WILA Trip”.

Ketiga mahasiswa tersebut merupakan penerima Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2024 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI yang berasal dari Prodi Bisnis Digital yaitu Nico Diki Pratama, Jovita Rachel dan Adisty Anggi. WILA Trip merupakan sebuah aplikasi layanan lengkap untuk calon wisatawan yang dapat digunakan oleh seluruh kalangan dan dapat dipesan kapanpun bagi calon wisatawan yang mau berwisata ke Lampung.

Nico Diki Pratama mengatakan di aplikasi WILA Trip, calon wisatawan dapat memesan tiket lokasi, booking penginapan, rental kendaraan, travel pack bahkan pemandu lokal. “Kami melihat potensi pasar yang tinggi khususnya di Lampung. Dimana pergerakan wisatawan semakin meningkat, lalu kami juga ingin membuat Lampung terkenal dengan mengedepankan hidden gem alam yang ada di Lampung,” ungkapnya.

Jadi berlibur tidak hanya ke Bali, lanjut dia, Lampung juga banyak wisata alam yang indah tetapi karena banyak yang belum tereksplor. “Disitu lah kami hadir menjawab tantangan tersebut untuk mempersiapkan semua hal yang akan dihadapi calon wisatawan,” kata Nico.

Selaku CEO Wila Trip, Nico juga senang traveling. “Kami juga peduli tentang perekonomian yang ada di sekitar objek wisata alam Lampung. Jika wisata tersebut diketahui akan menumbuhkan ekonomi masyarakatnya dengan banyaknya warga membuka usaha,” ujarnya.

Atas dasar kepedulian tersebut, Nico bersama rekan-rekan mahasiswa lainnya membuat aplikasi Wila Trip. “Didalamnya nanti akan terdapat penginapan hotel di kota sampai penginapan di lokasi objek wisata tersebut. Saat ini kita baru bertiga, saya Nico Diki Pratama sebagai CEO, Jovita Rachel sebagai CFO dan Adisty Anggi sebagai CMO. Tentunya bakal aku upgrading terus untuk tim,” tuturnya.

Sementara, Ketua Prodi Bisnis Digital IIB Darmajaya, M. Ariza Eka Yusendra, S.P., M.M., sangat mengapresiasi prestasi para mahasiswa Prodi Bisnis Digital yang berhasil memenangkan kompetisi P2MW ini. “Salah satu tujuan kehadiran jurusan bisnis digital IIB Darmajaya di Provinsi Lampung adalah untuk mengembangkan ekosistem kewirausahaan digital yang memfasilitasi gairah wirausaha muda Lampung,” ungkapnya.

WILA Trip, lanjut dia, sebagai salah satu startup wisata digital adalah salah satu dari sekian banyak bisnis yang berhasil dikembangkan oleh mahasiswa jurusan bisnis digital IIB Darmajaya. Seperti Spatula, Foppylon, Rocker Tech, Grillmen, Lassging, Codespeakbdl dan masih banyak lagi. “Dimana semuanya untuk bisa berkembang dan maju memanfaatkan digital technology sesuai dengan perkembangan industri 5.0,” tutupnya. (**)