Darmajaya-Tunghai University Taiwan Tertarik Kerjasama Penelitian M-Learning

Darmajaya-Tunghai University Taiwan Tertarik Kerjasama Penelitian M-Learning

<
>

Taiwan – Sebagai perguruan tinggi berbasis teknologi informasi, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya senantiasa mengembangkan sistem informasi terintegrasi dan berinovasi untuk mengoptimalkan pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi dalam aktivitas pembelajaran. Salah satunya, Darmajaya akan menerapkan mobile learning (m-learning) pada tahun ajaran baru 2017/2018.

Hal ini diungkapkan oleh Rektor Darmajaya, Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., MSc, saat mengunjungi Tunghai University dalam lawatan hari keduanya di Taiwan yang didampingi oleh Sekretaris Yayasan Pendidikan Alfian Husin, Ulfianty Shanty.

M-learning dan virtual lab merupakan sistem yang dikembangkan oleh dosen Darmajaya sejak tahun 2016 untuk mendukung spaceless dan timeless pembelajaran dan didanai melalui hibah penelitian antar perguruan tinggi (PEKERTI) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) selama 2 tahun.

“Hal yang membanggakan, sistem ini dikembangkan oleh dosen yang merupakan lulusan Darmajaya, yaitu Rahmalia Syahputri (Program Studi Teknik Informatika) dan Nurfiana (Program Studi Sistem Komputer). Ini merupakan bukti keseriusan Darmajaya untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul di bidang komputer,” ujar Firmansyah.

Menanggapi hal itu, Dekan Kantor Program dan Pendidikan Internasional Tunghai University, Hong-We Yang mengungkapkan, Tunghai University yang berdiri tahun 1955 merupakan perguruan tinggi swasta pertama dan tertua kedua di Taiwan.

Perguruan tinggi ini berdiri di lokasi seluas 365 hektar memiliki  17 ribu mahasiswa, tersebar pada 25 program studi yang berjenjang S1, S2, hingga S3. Memiliki lebih dari 500 tenaga pengajar yang 88 persen diantaranya telah bergelar assosiate professor dan professor. Tunghai University berada pada rangking 251 – 300 perguruan tinggi terbaik di Asia yang dikeluarkan oleh QS Asian University Rangking

“Tunghai University juga mengimplementasikan sistem m-learning. Sehingga kerjasama dengan Darmajaya tidak hanya pada bidang pertukaran mahasiswa dan dosen saja, tetapi dikembangkan ke bidang penelitian bersama, pengembangan pusat teknologi informasi, dan komunikasi khususnya sistem informasi akademik terpadu,” tutur Hong-We Yang.

Dalam diskusi yang dilanjutkan setelah pemaparan profil IBI Darmajaya oleh Kepala Kantor Urusan Hubungan Internasional, Rahmalia Syahputri, perwakilan Tung Hai University, menyampaikan ketertarikannya untuk mengirim mahasiswa mengikuti program magang internasional.

Mereka juga mengundang Darmajaya untuk mengirimkan Dosen untuk mengajar Bahasa Indonesia, disebabkan mereka sangat terkesan dengan program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang telah diterapkan Darmajaya sejak 2015 melalui pogram internasionalnya. Selain itu, mereka mengusulkan untuk menyelenggarakan program gelar ganda sehingga mahasiswa dari kedua perguruan tinggi baik Fakultas Komputer dan Ekonomi Bisnis, bisa berkuliah di dua tempat dan mendapatkan dua gelar.

Kunjungan Darmajaya juga disambut oleh Dekan Fakultas Teknik, Fakultas Internasional, Ilmu Komputer, Ekonomi, Bisnis Internasional, Sistem Informasi, dan Direktur Kantor Internasional guna membahas implementasi dari nota kesepahaman yang ditandatangani awal tahun 2017 lalu. Selain berdiskusi, rombongan juga mengunjungi laboratorium i-mac, pusat komputer, pusat penelitian, termasuk mencoba simulasi 3D yang sedang dikembangkan Tunghai Univesity.(*)

Apakah berita ini menarik?