Dosen IIB Darmajaya Latih Anak Panti Asuhan Khoirul Amanah dalam Pembuatan Aksesoris Hingga Digital Marketing

Dosen IIB Darmajaya Latih Anak Panti Asuhan Khoirul Amanah dalam Pembuatan Aksesoris Hingga Digital Marketing

1
<
>

BANDARLAMPUNG – Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Khoirul Amanah, Jumat, (4/6/2021).

Keempat dosen tersebut yakni Betty Magdalena, S.Pd., M.M., selaku ketua dan anggota terdiri dari Dr. Sri Lestari, M.Cs., Yulmaini, S.Kom., M.Cs., dan Niken Paramitasari, S.E., M.M. Kegiatannya meliputi pelatihan pembuatan aksesoris, digital marketing, fotografi produk, poster melalui aplikasi hingga motivasi.

Ketua Pelaksana Pengabdian, Betty Magdalena mengatakan kegiatan pengabdian di Panti Asuhan Khoirul Amanah didasari oleh keinginan untuk memberikan keterampilan tambahan kepada penghuninya.

“Dalam Era Revolusi Industri 4.0 setiap individu juga harus memiliki skill tambahan. Selama ini juga penghuni panti belum memiliki keahlian tambahan untuk membuat kerajinan tangan yang dapat menambah pembiayaan operasional panti,” ungkapnya.

Dosen Prodi Manajemen IIB Darmajaya menerangkan kegiatan pengabdian bertujuan untuk memotivasi penghuni panti asuhan membangun unit usaha. Juga memberikan pelatihan aksesoris diantaranya konektor hijab, tasbih, dan bros yang diajarkan langsung Dosen Prodi Teknik Informatika, Yulmaini.

“Kami juga memberikan pelatihan digital marketing diantaranya pemasaran produk melalui media sosial dan pelatihan fotografi produk,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, Betty berharap anak-anak atau anggota Panti Asuhan Khairul Amanah memahami cara mengaplikasikan sosial media untuk proses penjualan dengan baik. Juga harus memiliki semangat yang tinggi untuk terus melanjutkan unit usaha agar tidak berhenti.

“Meningkatkan kerja sama dengan perguruan tinggi melalui pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen sebagai upaya peran aktif di dalam pengembangan unit usaha di panti asuhan dan meningkatkan kesejahteraan warga,” imbuhnya.

Dia menambahkan kedepannya kegiatan pengabdian akan tetap dijalankan di panti tersebut untuk dilakukan pengembangan pelatihan. “Kita juga akan melakukan evaluasi dalam pelatihan yang dilaksanakan,” tuturnya.

Sementara, Pengurus Panti Asuhan Khoirul Amanah, Agus Salim mengaku bersyukur dapat diberikan pelatihan oleh Dosen IIB Darmajaya. “Dengan pelatihan ini, anak panti lebih bisa mandiri. Mereka diberi kebebasan untuk berekspresi dan berkarya dengan menciptakan peluang usaha sendiri,” ucap dia dengan singkat.

Ketua Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IIB Darmajaya, Dr. Sri Lestari, M.Cs. membuka dan memberikan sambutan serta menyerahkan peralatan dan perlengkapan pembuatan produk asesoris sebelum pelatihan dilakukan. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan ketat selama pelaksanaan yang berlokasi di Jalan Pengeran Antasari Gang Waru II Kalibalau Kencana, Kedamaian, Bandarlampung. (*)

five + eleven =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =