Dosen Kampus The Best ini Jadi Pembicara Workshop Membuat Video Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di SMA PKMI Immanuel

Dosen Kampus The Best ini Jadi Pembicara Workshop Membuat Video Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di SMA PKMI Immanuel

226
<
>

BANDARLAMPUNG – Dosen Prodi Sistem Komputer dan Prodi Teknik Informatika menjadi pembicara Workshop Membuat Video Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di SMA PKMI Immanuel Bandarlampung, Rabu (1/9/2021). Kedua dosen tersebut Sabam Parjuangan, S.T., M.Kom. dan Triowali Rosandy, S.Kom., M.T.I. Keduanya menyampaikan cara menggunakan aplikasi canva dalam pembelajaran kepada siswa/i SMA.

Sabam Parjuangan mengatakan dengan kondisi pandemi yang masih melanda Indonesia maka pembelajaran daring menjadi hal yang penting untuk menyampaikan materi kepada siswa/i. “Dalam melakukan pembelajaran untuk memudahkan guru dapat memanfaatkan penggunaan tools yang telah tersedia dalam playstore yakni canva. Dapat juga mengakses melalui laman canva.com dengan sambungan internet,” ungkapnya.

Dosen yang sedang menempuh studi program doktoral ini menerangkan penggunaan canva membuat pembelajaran menjadi lebih menarik karena terdapat banyak fitur yang tersedia. “Untuk membuat slide power point juga dapat dilakukan di canva,” tuturnya.

Sabam–biasa dia disapa–menjelaskan siswa/i juga dapat mengakses materi yang telah disimpan dalam akun canva dari guru masing-masing. “Sehingga saat materi telah selesai dibuat maka dapat dibagikan kepada siswa/i untuk memahaminya langsung sebelum diberikan penjelasan atau paparan,” imbuhnya.

Sementara, Triowali Rosandi menambahkan penggunaan canva dalam menyiapkan pembelajaran di kelas juga mendukung penyampaian materi yang kreatif dan inovatif. “Karena kita dapat memilih ukuran template yang tersedia dari yang gratis sampai berbayar. Semua juga dapat dilakukan dengan menggunakan handphone android masing-masing,” ungkapnya.

Untuk pembuatan video, lanjut Triowali, dapat menggunakan handphone dan disisipkan ke bagian slide powerpoint yang telah dibuat di canva. “Sehingga penjelasan dari guru juga akan dapat dijadikan satu file untuk dibagikan kepada siswa/i melalui grup masing-masing kelas,” ujarnya.

Triowali menuturkan dengan kemudahan teknologi saat ini pemanfaatan aplikasi canva sangat mendukung dalam pembelajaran daring. “Penggunaannya juga sangat simple bagi kalangan muda maupun orang tua sehingga membantu sebagai media pembelajaran yang inovatif dan kreatif,” tutupnya. (**)

19 − fifteen =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + four =