Dosen Milenial Prodi Akuntansi ini Bantu Tingkatkan Perekonomian KWT Sehati di Air Naningan

Dosen Milenial Prodi Akuntansi ini Bantu Tingkatkan Perekonomian KWT Sehati di Air Naningan

1
<
>

BANDAR LAMPUNG – Dosen muda Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya membantu meningkatkan perekonomian Kelompok Wanita Tani (KWT) Sehati Dusun Talang Ogan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus.

Dosen tersebut berasal dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Toni Nurhadianto, S.E., M.Sc. dengan judul Women’s Empowerment: Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) dengan Pengimplementasian Program M2ID (Management Human Resources, Management of Finance, Innovation of Product & Packaging and Digital Marketing).

Atas pengabdian masyarakat tersebut, Toni menerima pendanaan pengabdian kepada masyarakat tahun anggaran 2021 di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II.

Toni–biasa dia disapa–merupakan salah satu pengajar milenial muda Prodi Akuntansi. Dalam proposalnya, Toni melihat KWT Sehati Desa Sidomulyo memiliki permasalahan utama pemasaran dan inovasi produk kopi yang dihasilkan.

Sehingga, kata dia, petani hanya menjual hasil panen kopi pada pengepul dalam bentuk biji ataupun yang sudah melalui proses penggilingan. “Anggota KWT Sehati Desa Sidomulyo merasakan kurang optimal penghasilan yang diperoleh karena hanya menjual kopi dalam bentuk biji ataupun bubuk kepada pengepul,” tuturnya.

Dosen kelahiran Air Naningan ini pun bertekad untuk menjadikan KWT Sehati menjadi percontohan di Kabupaten Tanggamus dan mandiri dalam hal manajemen keuangan dan pencatatan keuangan.

Baik itu meliputi pencatatan keuangan usaha, organisasi dan rumah tangga. Kemudian, menghasilkan produk-produk baru yang inovatif dan siap jual di pasaran serta dapat menggunakan teknologi sebagai media pemasaran.

Tujuan akhirnya, lanjut dia, meningkatnya perekonomian KWT Sehati. “Di tengah pandemi ini juga dengan keterbatasan bertemu, KWT Sehati juga dapat memasarkan produknya di toko online,” ujarnya.

Sebelumnya, dosen Prodi Manajemen juga menerima pendanaan pengabdian kepada masyarakat yakni Dr. Anggalia Wibasuri, S.Kom., M.M., dengan judul Implementasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Transaksi Penjualan

Bagi Kelompok Usaha Bersama “Mutiara” Produk Tapis Di Era Revolusi Industri 4.0 dan New Normal.
Selanjutnya, dari Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) yakni Melda Agarina, S.Kom., M.T.I. (Sistem Informasi) yang melanjutkan pendanaan pengabdian kepada masyarakat dengan judul PPK Berbasis Teknologi di IIB Darmajaya, Lampung.

Serta, Rahmalia Syahputri, S.Kom., M.EngSc. (Teknik Informatika), yang menerima pendanaan baru dengan judul Pengembangan Kemandirian Ekonomi Panti Asuhan Melalui Budi Daya Ikan dan Tanaman dalam Ember dan Life Skill Berbasis Teknologi Informasi. (**)

3 × five =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 9 =