Dosen Prodi Sistem Komputer Darmajaya Mentoring Prakerin di SMAN 1 Denteteladas

Dosen Prodi Sistem Komputer Darmajaya Mentoring Prakerin di SMAN 1 Denteteladas

2
<
>

TULANGBAWANG – Sebagai wujud komitmen dalam mewujudkan pendidikan merata, khususnya di Provinsi Lampung, dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya berbagi ilmu dengan siswa/I SMKN 1 Denteteladas, Kabupaten Tulangbawang, dalam program pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan sebagai upaya untuk peningkatan kompetensi dan keahlian siswa  jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP)  kelas 12, melalui kegiatan mentoring praktik kerja industri (prakerin).

Kegiatan itu dilaksakan pada 28 Juni 2021-20 Agustus 2021 dengan tim dosen. Mereka adalah, Ketua Prodi Sistem Komputer Nurfiana, S.Kom., M.Kom.; Sekretaris Prodi Novi Herawadi Sudibyo, S.Kom., M.T.I.; Ari Widiantoko, M.Tech.; Lia Rosmalia, S.T., M. Kom.; Retno Dwi Handayani, S. Kom., M.T.I; serta melibatkan dua orang alumni yaitu Irfa Cahyawan, S.Kom., serta Nirma, S. Kom.

Ketua Prodi Sistem Komputer Nurfiana mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di SMKN 1 Denteteladas, Tulangbawang dengan diikuti dua kelas pelajar SMKN tersebut. “Dalam pelaksanaan kegiatan terdapat 29 siswa pada masing–masing kelas dengan pendampingan materi dibagi dua yakni mentor TKJ dan mentor OTKP,” ungkapnya.

Pengabdian di SMKN 1, lanjut dia, merupakan bagian dari implementasi MoU yang telah dilakukan IIB Darmajaya dengan sekolah. “Masing-masing dosen melakukan mentoring dengan menyampaikan materi pada siswa sesuai dengan jurusannya,” tuturnya.

Nurfiana menjelaskan dengan mentoring siswa diharapkan dapat menguasai materi dengan baik dan memberikan pengalaman, wawasan, serta warna dalam belajar.  Selain itu dengan kegiatan ini siswa juga akan memiliki kemampuan yang mumpuni sesuai dengan kebutuhan pasar kerja,” ujarnya.

Sementara, Novi Herawadi Sudibyo menambahkan untuk materi yang diberikan bagi siswa/i TKJ diantaranya sistem jaringan, troubleshooting jaringan dan manajemen jaringan. Kemudian, OTKP meliputi mengetik 10 jari, microsoft office, microsoft excel, dan microsoft power point.

Selain itu, mengelola dokumen kantor (kearsipan), melakukan komunikasi di tempat kerja/ etika bekerja, memberikan layanan prima, pengelolaan kas kecil, menyusun agenda perjalanan dinas, dan mengelola pertemuan atau rapat.

“Pada kegiatan yang dilakukan selama kurang lebih 2 bulan ini kami selaku mentor sangat senang, hal ini didasari antusias siswa dalam mengikuti kegiatan yang dibuktikan dengan disiplin siswa yang tinggi dalam proses dan sangat enjoy dengan materi yang kami sampaikan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala SMKN 1 Denteteladas, Tulangbawang, Santoso, S.T., M.T., mengucapkan terima kasih kepada IIBDarmajaya dalam hal ini Prodi Sistem Komputer atas kesediaannya berbagi ilmu dengan siswa/i.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi penyemangat siswa dan siswi kami untuk terus belajar dan terus berkembang menjadi lebih baik lagi serta menjadi bekal siswa dalam menghadapi ujian kedepannya,” ucapnya singkat. (**)

3 + fourteen =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − two =