Dosen Prodi TI Rancang Aplikasi Penilaian Kinerja Penelitian

Dosen Prodi TI Rancang Aplikasi Penilaian Kinerja Penelitian

100
<
>

BANDAR LAMPUNG – Lembaga Pengembangan, Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya memaparkan Hasil Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT) Tahun 2020.

Pemaparan digelar secara daring pada Sabtu, (9/1/21). Adapun judul penelitian Strategi Pengembangan Daya Saing Perguruan Tinggi Berbasis Riset, Kewirausahaan dan Teknologi Informasi (Implementasi Tata Kelola Perguruan Tinggi Melalui Metode Raise ++) yang dilakukan Yulmaini, S.Kom., M.Cs. (Ketua), Dr. Anuar Sanusi, M.Si., dan M. Ariza Eka Yusendra, S.P., M.M.

Dalam paparannya, Yulmaini mengatakan latar belakang penelitiannya dengan perkembangan teknologi di Era Industri 4.0 mengubah perilaku masyarakat dan cara melakukan bisnis. “Lingkungan bisnis menjadi semakin VUCA (Volatile, Uncertain, Complex & Ambiguity),” ucapnya.

Kemudian, kebutuhan industri akan kompetensi yang terjamin akan SDM, teknologi inovasi dan kebijakan manajemen yang suitable dengan era 4.0. Sistem pembelajaran atau kurikulum yang terintegrasi dengan teknologi informasi merupakan keharusan di setiap perguruan tinggi. “Inovasi, kreativitas dan kewirausahaan menjadi trend utama di masa ini yang perlu dikapitulasi oleh Perguruan Tinggi,” terangnya.

Hasil penelitian, lanjut dia, sudah dipublikasi dan terbit di jurnal internasional. “Penelitian ini harapannya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan perguruan tinggi khususnya di LP4M IIB Darmajaya,” tuturnya.
Dosen Prodi Teknik Informatika IIB Darmajaya ini juga menunjukkan aplikasi penilaian kinerja lembaga penelitian.

“Kami berharap terdapat masukan untuk menjadikan penelitian ini dapat lebih baik lagi. Luaran penelitian ini juga akan digunakan oleh STMIK El-Rahma Yogyakarta,” imbuhnya.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya, Dr. (Can). Ir. H. Firmansyah YA., MBA., MSc., mengatakan aplikasi yang dibuat ini juga diharapkan dapat diimplementasikan agar bermanfaat. “Dosen juga agar meningkatkan penelitian dan pengabdian ke masyarakat sebagai tridarma Perguruan Tinggi,” ungkapnya.

Kampus The Best Darmajaya saat ini, lanjut dia, sedang melakukan peningkatan terhadap sistem akademik terpadu. “Diharapkan nanti juga akan lebih baik terintegrasi satu dengan yang lainnya,” tutupnya. (**)

four + nineteen =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =