Dua Mahasiswa IIB Darmajaya Garap Penelitian Skripsi di Taiwan

Dua Mahasiswa IIB Darmajaya Garap Penelitian Skripsi di Taiwan

<
>

BANDARLAMPUNG – Kedua mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya terkesan dengan keramahan Cheng Shiu University, Taiwan dalam menunjang penelitian.

Hal ini disampaikan oleh Hilmansyah Amin dan Merlina yang menjadi mahasiswa joint research di negeri kuil 100 ini. Keduanya akan menjalani penelitian skripsi di kampus yang berada di Distrik Niaosong, Kaohsiung tersebut.

Hilman –biasa dia disapa – mengatakan sejauh ini penelitian yang dilakukannya masih berjalan lancar tanpa adanya kendala. “Karena pembimbingnya baik banget. Mereka membimbing kita dengan sabar dan teliti banget.

Terus sering banget kasih saran untuk proposal skripsi kita dan masukannya bagus,” ungkap dia Kamis, (3/10/19). Mahasiswa Manajemen IIB Darmajaya ini mengaku sulit dalam membaca bahasa Mandarin untuk menemui profesor di ruangannya. “Hanya saja untuk awal-awal itu kesulitan menemui ruangan profesornya karena rata-rata disini tulisan pakai bahasa Mandarin bahkan mahasiswanya pun masih minim menguasai bahasa Inggris,” ujarnya.

Untuk literatur, kata dia, sangat menunjang karena wajib memahami jurnal internasional. “Bahkan rujukannya pun harus jurnal internasional. Jadi ya bekalnya harus banyak baca jurnal internasional,” tuturnya.

Hal senada juga dikatakan Merlina yang mengaku hanya terkendala oleh bahasa Mandarin. “Dengan beragam perbedaan yang harus banyak penyesuaian. Dimulai dari bahasa, budaya dan lain-lain,” ungkapnya.

Mahasiswi Akuntansi IIB Darmajaya ini juga sangat terkesan dapat kuliah di luar negeri. “Kesannya luar biasa. Bisa kuliah di negeri orang. Di kampus juga orangnya baik-baik dan ramah-ramah,” ujarnya.

Menurutnya, penelitian yang akan dilakukannya juga mendapat dukungan oleh pembimbing dari pihak Cheng Shiu University. “Saat kami kebingungan dan bertanya alamat pasti mereka mengantar sampai tujuan. Profesor yang membimbing kami juga luar biasa baiknya. Ramah sekali dan selalu memberi masukan,” bebernya.

Pelaksana Tugas Kepala Bagian International Office IIB Darmajaya, Muhammad Dwiyan Aditya, S.Pd., M.Pd., mengatakan untuk tahun 2019 ini terdapat dua mahasiswa IIB Darmajaya yang mengikuti joint research di Taiwan. “Kedua mahasiswa akan menjalani penelitian skripsinya di Cheng Shiu University selama enam bulan kedepan,” ungkapnya.

Dwiyan – biasa dia disapa – menuturkan untuk total mahasiswa yang mengikuti joint research terdapat empat orang. “Dua lagi akan berangkat ke UTeM (Universiti Teknikal Malaysia Melaka) Malaysia. Mereka juga dibimbing langsung oleh dosen masing-masing kampusnya,” tuturnya.

Sementara, Wakil Rektor IV IIB Darmajaya, Prof. Dr. Ir. RA Bustomi Rosadi, M.S., mengatakan bahwa dengan mengirimkan mahasiswa dalam penelitian skripsi di luar negeri menambah khasanah pengetahuannya. “Mereka akan beradaptasi dari bahasa, budaya dan juga objek penelitian lebih beragam,” tuturnya.

Prof Bustomi – biasa dia disapa – berharap penelitian yang dilakukan mahasiswa dapat bermanfaat bagi stakeholder di Taiwan. “Ikuti semua saran dan masukan dari dosen di sana dan kumpulkan referensi yang banyak untuk membantu dalam penelitian,” pesannya. (**)

11 − eight =

*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 15 =