Empat Dosen IIB Darmajaya Berikan Tips Mencari Kerja di Masa Pandemi kepada Mahasiswa Tingkat Akhir dan Lulusan Perguruan Tinggi

Empat Dosen IIB Darmajaya Berikan Tips Mencari Kerja di Masa Pandemi kepada Mahasiswa Tingkat Akhir dan Lulusan Perguruan Tinggi

194
<
>

BANDARLAMPUNG – Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjadi pembicara dalam webinar Sukses Seleksi Memasuki Bursa Kerja di Masa Pandemi Covid-19 pada Minggu, (18/7/2021).

Webinar yang dihadiri oleh 30 peserta ini merupakan pengabdian kepada masyarakat dosen dengan judul Perencanaan Karir dan Persiapan Memasuki Dunia Kerja Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir IIB Darmajaya yang diketuai Rika Febri Sasmita, S.Kom., M.T.I., dan anggota terdiri dari Sri Karnila, S.Kom., M.T.I., Anggawidia Wibaselpa, S.E., M.M., dan Muhammad Saputra, S.E., M.M.. Keempatnya juga menjadi pembicara dengan materi Merubah Mindset dan Sikap Setelah Lulus Kuliah, Etika Dunia Kerja, Pengembangan Diri dan Motivasi, serta Psikotes dan Wawancara.

Dalam paparan materinya, Sri Karnila menerangkan bahwa perubahan mindset ketika berkuliah dan lulus menjadi suatu hal penting. “Pola pikir akan mempengaruhi pola kerja,” ungkapnya.

Dosen Sistem Informasi ini melanjutkan perubahan mindset diikuti dengan adanya tindakan yang akan berujung kepada kesuksesan. “Mindset, action dan succes,” ucapnya.

Sementara, Rika Febri Sasmita menerangkan etos dunia kerja harus dimiliki setiap calon pekerja baik sebagai pegawai perusahaan, pegawai negeri sipil, maupun pengusaha. “Perilaku di kehidupan sehari-hari itu disesuaikan dengan lingkungan. Ketika di rumah akan berbeda ketika di tempat kerja. Ada etika yang tidak harus dilakukan,” ungkapnya.

Dosen Desain Komunikasi Visual ini menuturkan ketika memperlakukan seseorang dengan baik maka akan mendapatkan perlakuan baik. “Jadi saling berhubungan yakni simbiosis mutualisme. Orang cerdas akan sulit sukses ketika dia tidak memiliki etika yang baik tetapi orang yang biasa saja akan sukses ketika memiliki etika yang baik. Ketika memasuki di dunia kerja yang dinilai pertama adalah etikanya,” bebernya.

Disisi lain, Anggawidia Wibaselppa menuturkan lulusan juga harus melakukan pengembangan diri. “Lulusan juga harus memotivasi dengan mengunci keinginan hidup yang ingin dicapai, miliki rasa cinta yang besar, miliki komitmen yang kuat, teman bergaul, rajin membaca bacaan yang berkualitas dan mendekatkan diri kepada Allah,” ucapnya.

Dosen Prodi Manajemen ini mengajak kepada peserta agar mendekatkan selalu dengan hal-hal yang memotivasi dan menginspirasi. “Percayalah hanya dengan itu kita akan memiliki motivasi diri yang kuat & konsisten dalam kondisi apapun dan dimanapun,” tuturnya.

Terakhir, Muhammad Saputra menjelaskan bahwa untuk mempersiapkan wawancara kerja dengan mengetahui lokasi wawancara, gunakan pakaian rapi (formal), usahakan tiba lebih awal dari jam wawancara, tetap berdiri sampai dipersilakan, duduk dengan posisi tegak dan seimbang, dan gunakan bahasa yang formal.

“Lulusan juga harus menyiapkan jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan pewawancara diantaranya berapa gaji yang Anda minta, kenapa meminta gaji sebesar itu, dan apa yang Anda berikan ke perusahaan kami dengan bidang pendidikan Anda,” ucapnya.

Sekretaris Prodi Manajemen ini juga membagikan tips kepada peserta dalam mengerjakan psikotes. “Pelajari soal-soal psikotes, istirahat yang cukup, fokus dan konsentrasi, dan percaya diri,” pungkasnya. (*)

5 × 1 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + two =