Empat Mahasiswa Asing Ikuti Seleksi International Internship Scholarship IIB Darmajaya

Empat Mahasiswa Asing Ikuti Seleksi International Internship Scholarship IIB Darmajaya

<
>

BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menerima mahasiswa luar negeri dalam program International Internship Scholarship (IIS) 2019.

Keempat mahasiswa telah menjalani tahap seleksi berkas dan tes wawancara pada 27 Agustus 2019 dan 4 September 2019. Keempat peserta yang berasal dari Benua Asia dan Afrika menjalani tes wawancara bersama Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis M. Rafiq, S.E., M.M., Kepala Bagian International Office Muhammad Dwiyan Aditiya, S.Pd., M.Pd., dan staf International Office Sherli Trisnawati, S.Kom.

Kepala Bagian International Office IIB Darmajaya, Muhammad Dwiyan Aditiya, S.Pd., M.Pd., mengatakan program IIS merupakan agenda tahunan dari International Office IIB Darmajaya. “Program IIS dijalankan untuk mengenalkan International Office IIB Darmajaya kepada mahasiswa luar. Terdapat empat mahasiswa yang telah menjalani rangkaian tes seleksi program IIS. Nanti yang terpilih akan menjalani sebulan kegiatan di IIB Darmajaya pada bulan Oktober 2019,” ungkap dia Selasa, (5/9/19).

Dwiyan – biasa dia disapa – menerangkan terdapat empat peserta berasal dari Rwanda, Gambia, Palestina, dan Madagaskar yang telah menjalani serangkaian seleksi dan tes. “Keempatnya Amal Y K Alabadla (Palestina), Ebrima Jonga (Gambia), dan Rakotoarisoa Maminnirina Fenitra (Madagaskar), dan Obed Nahayo (Rwanda),” ujarnya.

Dwiyan menjelaskan untuk tahun ini terdapat penambahan aktivitas dalam program IIS. “Keempat peserta ini latar belakang pendidikannya S2 dan S3. Sehingga mereka juga akan menjadi dosen tamu terhadap mahasiswa pascasarjana di IIB Darmajaya selain akan belajar budaya daerah,” ucapnya.

Sementara, Wakil Rektor IV IIB Darmajaya, Prof. Dr. Ir. RA Bustomi Rosadi, M.S., mengatakan program IIS dijalankan untuk mengenalkan IIB Darmajaya kepada dunia luar. “Peserta yang berasal dari luar negeri akan mengenalkan Darmajaya kepada dunia luar melalui International Office,” ungkapnya.

Menurut dia, dengan adanya mahasiswa dari luar negeri menjadikan mahasiswa IBI Darmajaya berinteraksi secara langsung dalam menambah wawasannya. “Kita juga mengenalkan kebudayaan daerah kepada mahasiswa luar negeri sebagai upaya membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan keanekaragaman budaya Lampung,” ujarnya.

Prof –biasa dia disapa – menambahkan IIB Darmajaya sebagai kampus terbaik di Provinsi Lampung akan terus melakukan inovasi dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan. “Program IIS juga menjadi salah satu inovasi yang akan diimplementasikan dalam sebuah kegiatan-kegiatannya,” tutupnya.

4 × one =

*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − three =