Enam Mahasiswa IIB Darmajaya Magang di Perusahaan BUMN

Enam Mahasiswa IIB Darmajaya Magang di Perusahaan BUMN

1
<
>

BANDARLAMPUNG –Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya diterima dalam program magang mahasiswa bersertifikat (PMMB) batch II tahun 2020.

Tak jauh berbeda dari program batch I, kali ini 6 mahasiswa diterima magang bekerja di BUMN selama 6 bulan. Keenam mahasiswa tersebut Wiyola Agustin dan Olvi Andriyanti berasal dari Program Studi (Prodi) Manajemen yang diterima di Bank BRI; Ricka Dita Agata Prodi Akuntansi, Yoga Setiawan dan Febriyanti Prodi Akuntansi diterima di PTPN VII.

Kemudian, Ii Andien Amalia Prodi Manajemen yang diterima di PT Pos Indonesia (Kantor Pos Pahoman). Sebelumnya, keenam mahasiswa menjalani beberapa rangkaian seleksi administrasi, interview hingga rapid test.

Kepala Bagian Inkubitek dan Career Center IIB Darmajaya, Lilla Rahmawati, S.Sos., M.M., mengatakan untuk tahun ini mengalami peningkatan terhadap mahasiswa yang mendaftar PMMB Forum Humas Capital Indonesia (FHCI).
“Terdapat 21 peserta dibandingkan tahun lalu yang hanya 16 mahasiswa yang mendaftar. Mahasiswa mengikuti penjaringan akademik, interview, lalu upload ke FHCI,” ungkapnya.

Tahun ini berbeda dari tahun lalu, dikarenakan pandemi Covid-19 sehingga mahasiswa juga harus menjalani rapid tes. “Perusahaan BUMN juga menambahkan tahapan seleksi yang mengharuskan rapid test sebelum diterima. Mereka sudah mulai aktif per 1 September 2020 untuk menjalani PMMB selama enam bulan,” ujarnya.

Lilla –biasa dia disapa – menerangkan untuk mahasiswa yang mendaftar tahun depan juga mulai dari semester VI. Menurut dia, banyak manfaat didapat mahasiswa yang mengikuti PMMB di BUMN ini. Mendapakan ilmu, pengalaman kerja, networking dunia usaha, uang saku dan kesempatan diterima di BUMN.

“Namun untuk dapat diterima kerja, hal ini tergantung performa dari mereka saat magang kerja tersebut. Saat kami mengikuti proses Match Up di Jakarta semester lalu, beberapa BUMN juga mengakui program PMMB ini menjadi salah satu referensi mereka menyeleksi talenta terbaik untuk bergabung menjadi karyawan,” bebernya.

Sementara, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik IIB Darmajaya, Dr. RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., mengatakan PMMB menambah wawasan mahasiswa dalam pengenalan dunia kerja.

“PMMB juga sejalan dengan konsep kampus merdeka yang dicetuskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Karim. Mahasiswa belajar di luar kampus selama satu semester dan mendapatkan uang saku dari perusahaannya dalam PMMB ini,” ungkapnya.

Doktor lulusan Jepang ini juga berpesan agar mahasiswa menjalani kegiatan PMMB secara serius. “Berikan kemampuan kalian untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah menjadi tugas Anda selama enam bulan ke depan. Karena kesempatan magang di BUMN bukan hal yang mudah dan kalian dapat bersaing dengan perguruan tinggi ternama lainnya,” kata dia. (**)

10 + one =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =