Guru Besar Kampus The Best di Indonesia ini Gelorakan Penelitian

Guru Besar Kampus The Best di Indonesia ini Gelorakan Penelitian

WhatsApp Image 2022-02-09 at 14.23.51
<
>

BANDARLAMPUNG — Prof. Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si, siap menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi)-nya setelah mendapatkan SK sebagai guru besar pertama Kampus The Best di Indonesia, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.

Dia memandang apa yang telah dilaksanakannya sebagai seorang pendidik belum maksimal dan setelah pengukuhan dia akan memulai semuanya dari nol. “Saya akan memulai dari nol. Kemampuan saya sebagai tenaga pendidik belum maksimal. Dengan jabatan guru besar ini, saya akan melaksanakannya dengan lebih baik lagi,” kata Prof. Dr. Anuar Sanusi, saat ditemui Rabu (9/2/2022).

Sebagai akademisi, lanjut Prof. Anuar, dia akan memberdayakan science (keilmuan) yang dia miliki di kampus biru ini. Dia akan mengajak peneliti-peneliti di IIB Darmajaya untuk mengembangkan penelitian, terutama di bidang ilmu ekonomi.

“Semoga institusi dan pimpinan memberikan amanah kepada saya agar saya dapat mengabdi lebih baik lagi, terutama di bidang penelitian. Dan, semoga apa yang akan saya lakukan menjadi role model bagi institusi dalam pengembangan penelitian,” kata anak ke-6 dari 7 bersaudara ini.

Prof. Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si, dilahirkan di Gunung Liwat/Lahat, 10 Mei 1959 dengan kini menyandang golongan pangkat IV/A, 1 April 2008 ini juga beberapa kali pernah mengemban amanah akademik di Kampus The Best IIB Darmajaya. Juga banyak hasil penelitian yang dia lakukan selama mengabdi sebagai dosen.

“Tentu saja yang saya maksud hasil penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat luas, terutama bagi dunia usaha dan dunia industri, agar apa yang kita lakukan dapat diimplementasikan di lapangan. Sehingga, dari hasil penelitian muaranya adalah berupa wujud pengabdian kepada masyarakat dan dapat diterapkan dalam pengajaran kita sebagai dosen,” kata ayah empat anak ini.

Terkait dengan pemberdayaan science, dia pun akan melibatkan banyak pihak, terutama memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di kampus IIB Darmajaya. Baik dosen bergelar S3 dan S2, maupun mahasiswa.

“Dan, hasil penelitian yang kita lakukan dapat menjadi buku bahan ajar atau dapat dimuat dalam jurnal-jurnal penelitian. Tapi, memang semua butuh komitmen yang besar dari semua pihak. Apalagi, IIB Darmajaya banyak memiliki dosen bergelar doktor lulusan luar dan dalam negeri yang berkualitas,” kata Prof. Anuar.

Prof. Anuar pun siap ikut membangun kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri, terutama pemerintah daerah dengan memberdayakan pakar-pakar yang ada di IIB Darmajaya dalam pembangunan daerah.

“Sehingga, tata kelola perguruan tinggi benar-benar berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan. Tentu saja dengan membangun budaya kerja yang berkelanjutan,” kata Doktor lulusan Universitas Negeri Jakarta tahun 2011 ini. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published.