Handika Rancang Media Promosi Perumahan Berbasis Mobile Animasi 3D

Handika Rancang Media Promosi Perumahan Berbasis Mobile Animasi 3D

picture2-copy picture1-copy
<
>

Bandar Lampung – Banyaknya perusahaan pengembang properti, membuat persaingan penjualan yang cukup ketat. Untuk itu diperlukan media promosi yang dapat menarik minat para konsumen. Hal ini yang membuat Handika Adityo terinspirasi untuk merancang media promosi penjualan perumahan menggunakan animasi 3 dimensi (3D) berbasis mobile.

Rancangan mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya ini dapat membantu perusahaan pengembang perumahan dalam mempromosikan rumah danmemudahkan konsumen untuk melihat bentuk bangunan rumah melalui smartphone andorid.Penelitian ini dilakukan Handika sebagai Skripsinya di jurusan Teknik Informatika dibawah bimbingan dosennya, Yulmaini, Skom., MCs.

“Aplikasi ini bekerja secara mobile sehingga dapat diinstal di smartphone merk apapun yang sudah berbasis Android dan dapat di akses secara offline. Software ini yang dirancang menggunakan Adobe Flash CS6 ini telah diterapkan di Perumahan Danisa Residence Lampung Selatan dan dapat dikembangkan untuk perusahaan perumahan lainnya,” ujarnya.

Pria kelahiran 27 Januari 1994 ini menerangkan, user setelah menginstal aplikasi  di handphone, dapat masuk ke halaman awal yang menampilkan logo perusahaan perumahan. Kemudian, di halaman utama terdapat pilihan menu yakni persyaratan rumah, spesifikasi rumah, denah lokasi, harga rumah, telpon, dan info. Kemudian ada menu rumah tipe 40/84 dan rumah tipe 48/94 yang saat di klik akan menampilkan spesifikasi rumah, sketsa rumah,animasi bentuk ruangan bangunan,  dan video rumah.

“Animasi dan video rumah dibuat menyerupai bentuk dan tampilan perumahan yang sesungguhnya.Animasi dibuat full warna agar tampak lebih menarik. Namun aplikasi ini belum masuk dalam playstore, masing-masing perusahaan perumahan nantinya bisa memasukkan link aplikasi ini untuk di dowmload konsumen melalui website perumahan,” paparnya.

Terpisah,Ketua Jurusan Teknik Informatika, Yuni Arkhiansyah, Skom., Mkom mengapresiasi penelitian tersebut. Menurutnya, bisnis properti saat ini cukup berkembang pesat. Sehingga dibutuhkan media yang lebih interatif, dan menarik.

“Apalagi saat ini smartphone dimiliki oleh banyak kalangan masyarakat. Promosi melalui aplikasi ini cukup efektif menarik minat konsemen untuk membeli rumah serta bisa menjadi alternatif pemasaran perumahan selain dari iklan di media cetak, atau elektronik lainnya,” terangnya.

Diungkapnya, Darmajaya membuka ruang bagi perusahaan, instansi pemerintah atau swasta yang ingin mengembangkan dan menerapkan produk hasil penelitian dosen maupun mahasiswa. Sehingga manfaat dari penelitian tersebut dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *