Hari Ini IBI Darmajaya Selenggarakan Wisuda Magister, Sarjana, Dan Ahli Madya

Hari Ini IBI Darmajaya Selenggarakan Wisuda Magister, Sarjana, Dan Ahli Madya

Bertempat di Kampus Informatics & Business Institute (IBI) Darmajaya, Sebanyak 337 wisudawan hari ini mengikuti prosesi Rapat Senat Luar Biasa Dan Terbuka dengan agenda Wisuda Ke XIII periode genap tahun 2010/2011 mahasiswa tingkat Magister, Sarjana, dan Ahli Madya, Rabu (19/10).
Acara yang berlangsung khidmad ini dihadiri oleh Anggota Senat IBI Darmajaya, Yayasan Pendidikan Alfian Husin, para wisudawan, orang tua wisudawan, serta dosen dan karyawan IBI Darmajaya. Hadir pula Walikota Bandar Lampung Drs. Hi. Herman HN, Koordinator kopertis Wilayah II Prof. Dyah Natalisa , MBA, dan segenap tamu undangan.
Dalam sambutannya, Rektor IBI Darmajaya DR. Andi Desfiandi, SE, MA mengingatkan para wisudawan, dengan gelar akademik yang diraih, mereka memiliki kesempatan lebih besar untuk dapat berkiprah, meniti karir dan menatap masa depan yang lebih baik serta berperan lebih aktif dalam pembangunan bangsa dan negara. ” Saya tidak ingin melihat Saudara sekalian menambah daftar panjang pengangguran terdidik di negeri ini. Para lulusan IBI Darmajaya harus mulai berpikir dan menempuh jalan yang lain yaitu menjadi wirausahawan yang mampu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan nilai tambah.” Paparnya.

Ditambahkannya, dalam rangka menciptakan atmosfir kewirausahaan (entrepreneurship) dalam kampus sesuai Visi IBI Darmajaya, IBI Darmajaya telah membentuk Inkubator Bisnis yang melakukan program pembinaan soft skill wirausaha dan leadership melalui pelatihan, kegiatan go field, pendampingan  Usaha Kecil Menengah (UKM), dan magang kerja di berbagai perusahaan dan industri.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Koordinator Kopertis Wiayah II (Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Lampung) Prof. Dyah Natalisa , MBA mengungkapan, “Untuk menghadapi persaingan yang ketat diera globalisasi, penguasaan ilmu pengetahuan dan ketrampilan bagi lulusan perguruan tinggi tidaklah cukup untuk menjawab kebutuhan dan tuntutan dunia kerja. Untuk itu perlu dilengkapi dengan kemampuan dan ketrampilan pendukung (soft skills). dalam rangka meningkatkan kemampuan menghadapi dan mengadaptasi kondisi yang berubah dengan cepat dalam kehidupan dan dunia kerjanya yang mencakup antara lain : kemampuan berkomunikasi secara efektif baik secara verbal maupun media tulisan, penguasaan bahasa asing (khususnya bahasa Inggris) kernampuan belajar dan berpikir logis analisis serta kemampuan berkerja sama dan yang tidak kalah pentingnya adalah kemampuan dan ketrampilan dalam menggunakan teknologi informasi dan telekomunikasi.”. Beliau mengingatkan pengelola perguruan tinggi untuk dapat membekali para lulusannya dengan ilmu pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang baik dan benar. Lulusan perguruan tinggi tidak cukup hanya menguasai Iptek tetapi juga harus mempunyai karakter yang kuat yang dicirikan dengan kemampuan untuk memahami dan mengaktualisasikan nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, etika, kepribadian dan jiwa kepemimpinan serta semangat kewirausahaan yang diharapkan dapat menghantarkan bangsa Indonesia yang modern dan madani.

Dalam wisuda kali ini, IBI Darmajaya mengukuhkan sejumlah wisudawan yang terbagi dalam rincian sebagai berikut : Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika (S1) sebanyak 45 wisudawan, Jurusan Sistem Komputer (S1) berjumlah 6 wisudawan, Jurusan Sistem Informasi (S1) berjumlah 103 wisudawan, Jurusan Teknik Komputer (D3) sebanyak  2 wisudawan, Jurusan Manajemen Informatika (D3) sebanyak 50 wisudawan. Para lulusan ini akan bergelar S.Kom, dan Ahli Madya. Kemudian dari Fakultas Bisnis dan Ekonomi Jurusan Manajemen (S1) sejumlah 72 wisudawan,  Jurusan Akuntansi (S1) sebanyak 42 wisudawan, Jurusan Akuntansi (D3) sebanyak 10 wisudawan. Para lulusan ini akan bergelar SE dan Ahli Madya. Selain itu hari ini untuk pertama kalinya Program Pascasarjana (S2) IBI Darmajaya dapat meluluskan mahasiswanya sebanyak 8 orang, yang terdiri 3 lulusan bergelar Magister Teknologi Informasi (M.Ti) dan 5 lulusan bergelar Magister Manajemen (M.M).

Dari seluruh lulusan program sarjana dan diploma, lulusan terbaik untuk Strata 1 Program Studi Teknik Informatika diraih oleh Martin dengan IPK (3,36), Program Studi Sistem Komputer diraih oleh Nurhidayat Gandana dengan IPK (3,11), Program Studi Sistem Informasi diraih oleh Hermanto dengan IPK (3,71), Program Studi Manajemen diraih oleh Bontor Vernanta MS dengan IPK (3,44), dan Program Studi Akuntansi diraih oleh Patricia Widyastuti dengan IPK (3,83). Untuk lulusan terbaik Diploma III Program Studi Teknik Komputer diraih oleh Zuliyono dengan IPK (3,37), Program Studi Manajemen Informatika diraih oleh Ria Puspita Sari dengan IPK (3,65), Program Studi Akuntansi diraih oleh Ariansyah dengan IPK (3,77). Sedangkan untuk program pascasarjana Strata 2 Program Magister Teknologi Informasi diraih oleh Dodi Yudo Setyawan dengan IPK (3,56), dan Strata 2 Program Magister Manajemen diraih oleh Ita Fionita dengan IPK (3,79).

12 + eight =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 9 =