Hari Ini, Muswil V APTISI Wilayah II-B Lampung Digelar

Hari Ini, Muswil V APTISI Wilayah II-B Lampung Digelar

<
>

Bandar Lampung – Hari ini (09/01), Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah II-B Lampung menggelar dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) V di Hotel Emersia Lampung.

Dalam Muswil akan dipilih ketua dan pengurus periode 2017-2021 sesuai dengan mandat organisasi terkait berakhirnya tugas kepengurusan lama. Mengusung tema Menuju PTS Yang Sehat dan Mandiri, kegiatan ini diikuti 80 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Lampung terdiri dari 8 Universitas, 1 Institut, 37 Sekolah Tinggi, 1 Politeknik, dan 33 Akademi.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Gubernur Lampung, Ridho Ficardo SPi, MSi ini juga dihadiri Ketua APTISI Pusat, Dr. Ir. Budi Djatmiko, para kepala daerah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung, dan tamu undangan.

Ketua Pelaksana, Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., MSc mendampingi Ketua APTISI Wilayah II-B Lampung periode 2012-2016, M. Badri Burhan, SP., MMP., MSi mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi momentum PTS dalam menjalankan proses pendidikan yang sehat, dan mandiri untuk mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas, dan berdaya saing.

“Sebelum pemilihan, disiapkan terlebih dahulu bakal calon (balon) dan formatur. Kemudian pemilihan ketua akan dilakukan secara musyawarah mufakat atau dilakukan dengan cara voting sebagai alternafif. Setiap PTS memiliki hak suara dan hak untuk mencalonkan diri sebagai ketua. Kami berharap musyararah ini dapat mempererat rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar PTS untuk saling mendukung meningkatkan kualitas pendidikan di Lampung,” ujar Firmansyah.

Badri Burhan berharap, ketua dan pengurus APTISI periode 2017-2021 yang terpilih nantinya dapat bekerja secara amanah dan membawa organisasi tersebut semakin maju, menjalankan fungsi sebagaimana mestinya dalam berkontribusi mencerdaskan anak bangsa.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Lampung, Ridho Ficardo, SPi, MSi juga mendukung APTISI Wilayah II-B Lampung untuk memajukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Lampung.

Dikatakannya, untuk memajukan sebuahdaerah diperlukan SDM dan masyarakat yang berkualitas. Karena itu, Pemerintah Provinsi memerlukan dukungan dan peran serta APTISI Lampung sebagai sektor pendidikan yang membentuk lulusan-lulusan berkompetensi dan berdaya saing.

“Jumlah PTS yang lebih banyak menampung mahasiswa menjadi barometer pendidikan di Lampung. Dibutuhkan upaya yang serius dalam mempersiapkan lulusan yang berdaya saing, salah satunya di bidang ekonomi kreatif dan mampu mengedukasi masyarakat. Sehingga masyarakat Lampung bisa menjadi tuan rumah di daerah sendiri,” tegasnya.

Diungkapnya, Provinsi Lampung memiliki banyak potensi mulai dari pariwisata, pendidikan, perekonomian, dan lainnya. Apabila Pemprov ingin memajukan sebuah daerah, maka dibutuhkan SDM dan masyarakat yang harus siap. Karena itu, ia sangat mendukung PTS untuk terus meningkatkan kualitasnya agar Lampung menjadi destinasi pendidikan bagi daerah lain di Indonesia.

Nantinya lulusan-lulusan terbaik dari perguruan tinggi di Lampung, diharapkan dapat berpartisipasi aktif mengembangkan ekonomi kreatif dan jasa di Lampung. Setelah adanya Ketua terpilih, ia juga berharap program  APTISI dapat bersinergis dengan Pemerintah Daerah baik di Provinsi dan Kabupaten/Kota.(*)

Apakah berita ini menarik?