Hibah PKM, Dosen IIB Darmajaya Hadirkan Penulis 38 Buku

Hibah PKM, Dosen IIB Darmajaya Hadirkan Penulis 38 Buku

2
<
>

BANDAR LAMPUNG – Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menghadirkan pembicara penulis 38 buku dalam pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan tema Tingkatkan Kompetensi dengan Menulis Buku Ajar dan Buku Referensi Rabu, (24/3/2021).

Ketua Tim Pengusul Hibah PKM, Ketut Artaye, M.T.I., mengatakan webinar ini bertujuan untuk memberikan kemampuan teknis dosen dalam memiliki kemampuan menulis buku ajar dan buku referensi. Kegiatannya berjalan dua hari dengan pemateri Dr. (Can) Muhammad Basyrul Muvid, S.Pd.I., M.Pd., penulis 38 buku dari Universitas Dinamika Surabaya pada Selasa, (23/3/2021).

Hari kedua, Dr. Faurani I Santi Singagerda, S.E., M.Sc. dengan materi Cara Mensitasi, Paraphrase dan Mengenal Dunia Jurnal sebagai Referensi; Novita Sari, S.Sos., M.M. materi Penulisan Trik dan Tips Menulis dan Menyusun Outline dan Target Menyelesaikan Naskah; dan Ketut Artaye, M.T.I., materi Sosialisasi Angka Kredit Dosen dari Buku Ajar dan Buku Referensi serta Sosialisasi Kepengurusan HAKI. “Dengan kegiatan ini dosen dapat menulis buku ajar dan buku referensi lebih banyak serta berkelanjutan,” ucap Ketut.

Sementara, Novita Sari selaku anggota tim hibah menuturkan bahwa webinar ini juga sebagai sharing ilmu mengenai penulisan buku. “Didasari pemikiran bahwa buku-buku yang memuat hasil penelitian atau hasil pemikiran seorang dosen memiliki nilai Kumulatif atau nilai KUM yang tinggi. Dosen harus mampu mengembangkan bahan pengajaran untuk melakukan kegiatan perkuliahan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Dosen Prodi Manajemen ini, dosen juga diharapkan memiliki karya buku. Diantaranya buku ajar atau buku teks, dan diktat atau modul, atau buku referensi dan buku monograf yang diambil dari penelitian yang dilakukan dosen.
“Dalam pengabdian kepada masyarakat ini juga mengajak penulis buku dari Universitas Dinamika Surabaya Bapak Muvid dengan materi Pelatihan Pembuatan Buku Ajar dan Buku Referensi,” pungkasnya. (**)

two × 4 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − one =