IBI Darmajaya Tempati Ranking Teratas Sebagai PTS Terbaik di Lampung Versi Webometrics

IBI Darmajaya Tempati Ranking Teratas Sebagai PTS Terbaik di Lampung Versi Webometrics

darmajaya
<
>

Bandar Lampung – Prestasi membanggakan kembali diraih Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya. Kali ini perguruan tinggi berjulukan kampus biru ini berhasil menempati peringkat teratas sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Provinsi Lampung versi Webometrics of Universities.

Sistem pemeringkatan Webometrics telah dikenal luas dalam bidang pendidikan dan penelitian sebagai badan akreditasi dunia yang memberikan penilaian terhadap seluruh perguruan tinggi terbaik di dunia melalui website tiap universitas.

Rektor IBI Darmajaya Dr. Andi Desfiandi, SE., MA ditemui diruangannya membenarkan kabar gembira tersebut, dan mengaku bangga dengan prestasi ini.

“Kami bangga atas peringkat yang berhasil ditempati IBI Darmajaya sebagai PTS terbaik di Provinsi Lampung. Semoga prestasi ini membuat IBI Darmajaya semakin maju dan sukses dalam menciptakan SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas,” ujarnya, kemarin (15/09).

Webometrics merupakan metode pemeringkatan web perguruan tinggi yang dirintis dan dikembangkan oleh Isidro F Aguillo. Rangking Webometrics diambil dari faktor aksesibilitas dan visibilitas universitas di dunia maya. Selain itu publikasi elektronik, keterbukaan akses terhadap hasil penelitian, konektifitas dengan industri, dan aktifitas internasional juga menjadi faktor penting dalam menentukan peringkat sebuah universitas.

“Webometrics menggunakan parameter penilaian meliputi presence, impact, openness, dan excellence. Penilaian ini juga bersifat world class university serta mendapat perhatian dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek- Dikti),” ungkap lulusan Doktor Univeritas Padjajaran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini.

Dikatakannya, sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik yang mendapat penghargaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dari Kementerian Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, IBI Darmajaya secara berkelanjutan terus melakukan program-program perubahan, dan perbaikan yang mengarah keperguruan tinggi terbaik guna peningkatan mutu serta menciptakan output (lulusan) yang berkualitas.

Darmajaya juga senantiasa fokus dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi baik pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Seiring dengan peningkatan lembaga pengembangan, pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat (LP4M) IBI Darmajaya yang menjadi satu dari 49 perguruan tinggi di seluruh Indonesia berstatus madya. Peningkatan status ini membuat IBI Darmajaya berhak mengelola dana penelitian secara mandiri dari Dikti antara Rp 2-5 Milyar per tahun.

“Bahkan tahun ini IBI Darmajaya berhasil menjadi urutan pertama pada pemetaan klaster madya untuk Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II. Hal ini menandai bahwa iklim penelitian dan pengabdian dikalangan dosen dan mahasiswa sudah terbangun dengan baik,” terangnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.