IIB Darmajaya-Kanwil Dirjend Pajak Bengkulu Lampung Tandatangani MoU Tax Center

IIB Darmajaya-Kanwil Dirjend Pajak Bengkulu Lampung Tandatangani MoU Tax Center

<
>

BANDAR LAMPUNG –Rektor Institut Informatika Darmajaya (IIB) Ir. H. Firmansyah Y Alfian, MBA., dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Dirjend) Pajak Bengkulu-Lampung Dra. Erna Sulistiawati menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Tax Center, di ruang rapat Gedung Alfian Husin, kampus setempat, Rabu (4/10/2017), sekira pukul 09.30 WIB.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Wilayah Dirjend Pajak Bengkulu-Lampung, Dra. Erna Sulistiawati mengatakan MoU ini merupakan perpanjangan kerja sama yang sudah dijalankan sejak lima tahun lalu. “Saya berharap, lima tahun ke depan kerja sama antara IIB Darmajaya dan kami akan semakin baik, terutama dalam program sosialisasi soal perpajakan di kalangan mahasiswa dan kampus,” kata dia, dalam sambutannya.

Erna juga mengakui, memang selama ini, kerja sama yang sudah terjalin sedikit terhenti. “Hubungan kami dengan pihak Darmajaya hanya sebatas mengenai pengisian SPT tahunan. Dengan adanya kerja sama membuat Tax Center ini, diharapkan dapat mencerdaskan masyarakat secara umum dan pengenalan soal perpajakan kepada mahasiswa,” kata dia.

Erna mengakui, program pembangunan daerah dan nasional berasal dari pajak dan sangat terpengaruh dari penghasilan PPN yang diterima. “Target kami setiap tahun soal penerimaan pajak selalu meningkat antara 30 sampai 35 persen. Namun, capaian penerimaan pajaknya yang tidak pernah 100 persen.”

Padahal, kata Erna, mengutip apa yang dikatakan Presiden Joko Widodo, bahwa potensi pajak di Indonesia sangat banyak. “Untuk itu, kami selalu berusaha menggali potensi-potensi itu. Namun demikian perlu adanya peran serta dari masyarakat sendiri sebagai wajib pajak. Terutama dari kalangan kampus, baik itu pegawai, dosen, pimpinan, maupun mahasiswa sendiri,” kata dia.

Untuk itu, kata dia, pihaknya siap memberikan edukasi soal perpajakan, yang akan kami coba selipkan dalam mata kuliah Perpajakan. “Kami akan coba dari segala pintu untuk mensosialisasikan masalah ini. Dan, kami akan bekerja sama dengan dosen Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU), sosialisasi kepada mahasiswa, atau menggelar workshop di kampus ini,” kata dia.

Sementara itu, Rektor IIB Darmajaya Ir. Hi. Firmansyah Y. Alfian, MBA, mengatakan dengan adanya penandatanganan MoU ini, diharapkan kerja sama bisa terus dilanjutkan menjadi lebih baik. “Hal ini demi kemaslahatan, baik bagi kami Darmajaya maupun bagi masyarakat umum yang belum mengerti dan memahami soal pajak. Mudah-mudahan, dengan adanya kerja sama Tax Center ini, kerja sama bisa ditingkatkan menjadi lebih baik,” kata Firman.

Apalagi, kata Firman, negara dibangun dari dana pajak. Namun, dia berharap, dengan potensi pajak yang tinggi dapat terus tergali. Dia juga berharap agar dengan adanya kerja sama ini, warga Kampus Darmajaya akan semakin memahami tentang pajak, tentang kewajiban pajak, dan memahami cara membayar pajak. “Tapi jangan sampai bocor baik itu pemerintah, di anggota Dewan, atau pihak-pihak lain. Apalagi, maju mundurnya negara ini dalam pembangunan tergantung dari kita semua.” (**)

Apakah berita ini menarik?