IIB Darmajaya Latih Mahasiswa Jadi Youtuber Handal

IIB Darmajaya Latih Mahasiswa Jadi Youtuber Handal

<
>

Bandar Lampung – Puluhan mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya tampak antusias mengikuti Pelatihan Youtuber yang digelar di Aula Rektorat IIB Darmajaya, Jumat (7/12/18).

Kegiatan yang digelar Biro Humas, Kerjasama, Pemasaran dan International Office (HKPI) IIB Darmajaya ini juga diikuti peserta umum, dan insan pers. Menghadirkan Youtuber Lampung, Ikram Afro Attamimi sebagai pembicara. Ia berbagi ilmu dan pengalaman tentang materi menjadi content creator millenial.

“Era digital saat ini, semua mahasiswa pasti punya smartphone. Sayang sekali jika kita tidak memaksimalkan fasilitas itu. Hanya menggunakan smartphone untuk selfie dan aktif di media sosial, tapi tidak berkarya dengan membuat content creatif,” ujarnya.

Lulusan Teknik Informatika IIB Darmajaya ini mengajak para peserta untuk mau membuat konten kreatif baik dalam bentuk video Youtube maupun video Instagram. Ia sendiri mulai menjadi video creator sejak 2013 dan kini telah memiliki 6,8 ribu subscribers pada akun youtube Ikram Afro dan 66,1 ribu follower Instagram.

“Banyak manfaat yang kita peroleh dengan menjadi content creator. Diantaranya, karya kita terpublikasikan, kita bisa dikenal banyak orang, follower media sosial bertambah, bisa mendapatkan penghasilan, dan mendapat akses tertentu yang dipermudah,” tutur Host Net TV Lampung ini.

Lanjutnya, menjadi seorang Youtubers pastinya harus mempunyai banyak ide kreatif untuk menghasilkan karya-karya yang bisa menarik perhatian banyak orang yang melihatnya. Sehingga mendapatkan banyak viewers ataupun subscriber.

“Ide cerita bisa berangkat dari kegelisahan kalian terhadap lingkungan, aktivitas sehari-hari yang dikemas menarik. Misalnya konten komedi, musik, traveling, kuliner, sport, beauty, dan lainnya. Jangan lupa gunakan judul dan cover video semenarik mungkin supaya orang lain ingin mengklik video kita,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Rektor VI IIB Darmajaya, Prof. Zulkarnain Lubis, MS., PhD mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengungkapkan, IIB Darmajaya membekali para mahasiswa dengan berbagai kompetensi.

“Kami berharap mahasiswa Darmajaya menjadi lulusan yang cerdas secara intelektual, memiliki kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kecerdasan keterampilan. Yang dimaksud dengan kecerdasan keterampilan yakni memiliki skill, kemampuan berkarya dengan pemanfaatan teknologi saat ini,” ungkapnya.

Prof. Zulkarnain berpesan,  untuk menjadi seorang Youtubers, tentunya harus tetap menjaga etika saat di depan kamera dan berkomunikasi yang baik, dan tidak adanya menyinggung pihak-pihak yang lain.

“Gunakan teknologi secara cerdas termasuk dalam membuat video. Untuk bisa menarik perhatian orang, jangan membuat video yang negatif. Harus membuat video yang bermanfaat, berguna untuk orang-orang yang melihatnya, video yang berupa hal-hal positif,” pesannya.(*)

nineteen + seven =

*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =