IIB Darmajaya–Royal European Internship Council Gelar Webinar Magang Global di London

IIB Darmajaya–Royal European Internship Council Gelar Webinar Magang Global di London

1
<
>

BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya bersama Royal European Internship Council menggelar Webinar Magang Global di London, Jumat (25/6/2021).

Webinar dibuka dengan pemaparan mengenai Magang Global di London oleh Direktur PT Inovasi Telematika Nusantara, Gunawan Zuardi, M.Sc dan sharing bersama alumnus batch 1 Ivana Wijaya, Muhammad Rafiudin, dan Sherli Trisnawati.

Dalam paparannya, Gunawan menerangkan tata cara mengikuti magang dan manfaat yang diterima oleh mahasiswa. “Pandemi ini merupakan tantangan untuk kita dan juga memberikan kesempatan kepada kita untuk bekerja secara online,” ungkapnya.

Menurut dia, setiap mahasiswa dapat memilih pelatihan dua subjek sebelum memilih magang yang akan dijalaninya. “Mata kuliah yang dapat dipilih mahasiswa yakni Rekayasa Seluler & Perangkat Lunak, Keamanan Cloud & Cyber, Pemasaran Digital & Desain Grafis, Manajemen Proyek, Analis Bisnis, dan Akuntansi Keuangan,” ujarnya.

Selama magang, lanjut dia, mahasiswa juga mendapatkan pelatihan sebelumnya. “Mahasiswa mendapatkan pelatihan, belajar, dan terlibat dalam proyek Global strategis di NHS England, proyek Liverpool Smart City, proyek blockchain dan fintech. Batch 2 akan dimulai 6 September 2021 dengan waktu magang 4 atau 6 bulan,” kata Gunawan.

Untuk pendaftaran, lanjut dia, dapat mengunjungi laman virtualtraining.id dengan bonus khusus bagi pendaftar bulan Juni 2021. “Akan ada pra magang atau free course magang bersertifikat internasional dalam magang ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) IIB Darmajaya, Aswin, S.E., M.M., mengatakan sangat senang sekali dengan adanya rencana kerjasama dari Royal European Internship Council.

“Kami sangat menyambut baik dengan adanya tawaran ini. Karena dengan kurikulum MBKM mahasiswa dapat memilih apa yang diinginkan oleh mereka untuk melengkapi portofolionya,” ungkapnya.

Dengan MBKM ini, lanjut dia, memberikan kesempatan luas bagi mahasiswa untuk menambah wawasan tidak hanya dalam disiplin ilmunya tetapi diluar dari disiplin ilmunya dan disesuaikan dengan passionnya. “Kita juga ingin mahasiswa dapat memilih program dari MBKM untuk menambah wawasannya,” tuturnya.

Sementara, Dekan FEB IIB Darmajaya, Dr. Faurani I Santi Singagerda mengatakan hampir semua di perguruan tinggi program MBKM ini sudah dilaksanakan. “Kita juga sudah melaksanakan sejak setahun lalu yang telah dilakukan oleh UPT Hubungan Internasional dengan student mobility,” ungkapnya.

Faurani menuturkan karena mahasiswa sekarang tidak hanya mampu menguasai disiplin ilmunya tetapi mampu juga menguasai bidang lain. “Karena dengan perkembangan teknologi, SDM saat ini juga harus mengupgrade skillnya untuk bersaing di pasar kerja,” tutupnya. (*)

12 + ten =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =