Ikut Joint Research, 2 Mahasiswi IIB Darmajaya Penelitian di Taiwan

Ikut Joint Research, 2 Mahasiswi IIB Darmajaya Penelitian di Taiwan

<
>

Bandar Lampung – Dua mahasiswi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengikuti program internasional, joint research di Shih Chien University Taiwan sejak September 2018 – Januari 2019. Mereka yakni Rika Dwi Lestari dan Christine Dian Pertiwi. Keduanya merupakan mahasiswi semester akhir yang melakukan penelitian sebagai tugas skripsi di jurusan S1 Akuntansi IIB Darmajaya.

Rika menyusun skripsi yang berjudul The Effect of Current Ratio and Debt Ratio on Company’s Value of Food Industry in Indonesia Stock Market and Taiwan Stock Market.
“Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh dari current ratio dan debt ratio pada nilai perusahaan industri makanan yang tercatat di bursa efek Indonesia dan Taiwan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat membantu para investor dalam mengambil keputusan berinvestasi, dan membantu perusahaan untuk memperbaiki financial performance di masa depan,” ujarnya.
Sedangkan skripsi Christine berjudul The Influence of Corporate Social Responsibility Disclosure to Financial Performance: Comparative Study on Textile Companies Listed on Indonesia and Taiwan Stock Exchange for The Periods 2015-2017. “Tujuan dari penelitian ini untuk melihat perbandingan pengungkapan CSR oleh perusahaan tekstil Indonesia dan Taiwan, serta melihat pengaruh dari pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja perusahaan,” tuturnya.

Nantinya, mahasiswa joint research juga diwajibkan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal dan seminar, baik nasional maupun internasional. Selain melakukan penelitian, mereka juga mengikuti perkuliahan kelas internasional untuk matakuliah Bahasa Mandarin. Tak hanya meningkatkan kemampuan akademik berstandar internasional, bagi Rika dan Christine mengikuti joint research juga memperluas wawasan global, dan lebih mengenal budaya asing. Beberapa tempat wisata di Taiwan telah mereka kunjungi yakni National Dr. Sun Yat-Sen Memorial Hall, Taipei 101, Shilin Night Market, Shifen Waterfall, dan lainnya. Menanggapi hal ini, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset IIB Darmajaya, Dr. RZ. Abdul Aziz, ST., MT mengapresiasi dan menguatarakan rasa bangganya kepada mahasiswa IIB Darmajaya yang berani keluar dari zona nyaman untuk studi luar negeri dan meningkatkan kualitas diri melalui program joint research.
“Penelitian merupakan salah satu dari implementasi Tri Darma Perguruan Tingggi. Kami berharap melalui joint research dapat memotivasi mahasiswa untuk aktif, dan kreatif melakukan penelitian. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian, ragam penelitian, dan jumlah publikasi ilmiah bersama berskala internasional antara dosen dan mahasiswa,” harapnya.(*)

1 × one =

*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 12 =