Implementasi Kurikulum MBKM, 18 Mahasiswa Kampus Terbaik IIB Darmajaya Magang ke Perusahaan Terkemuka Nasional dan UMKM di Lampung

Implementasi Kurikulum MBKM, 18 Mahasiswa Kampus Terbaik IIB Darmajaya Magang ke Perusahaan Terkemuka Nasional dan UMKM di Lampung

1
<
>

BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dan serah terima program mahasiswa magang kurikulum merdeka belajar – kampus merdeka (MBKM) di Ruang Rapat Lantai 1 Rabu, (5/5/2021).

Adapun penandatanganan dilakukan Wakil Rektor 1 Dr. RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., dengan empat perusahaan dan satu UMKM di Provinsi Lampung. Empat perusahaan dan satu UMKM tersebut yakni PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek), MNC Insurance, Auto2000 Way Halim, SKH Tribun Lampung dan UMKM Damarian.

Wakil Rektor 1 Dr. RZ Abdul Aziz, ST., MT., mengatakan program magang MBKM ini juga merupakan kerja sama dengan IMA Lampung. “Mahasiswa diberikan kebebasan untuk melakukan pembelajaran di luar kelas dengan total 60 SKS. 20 SKS student exchange ke perguruan tinggi mitra, 20 SKS melakukan pengabdian dan sisanya dengan mengikuti magang selama enam bulan,” ungkapnya.

Program magang ini, lanjut dia, mahasiswa dapat mengenal culture dari perusahaan dan menambah kompetensinya. “Saya sangat berharap mahasiswa kami dapat mengikuti proyek magang ini dengan baik. Walaupun magang ini tidak kita wajibkan tetapi nanti akan dikonversi dengan mata kuliah tertentu,” ujarnya.

Menurutnya, IMA banyak membantu IIB Darmajaya dalam program kerja sama selama ini. “IMA Mengajar pertama di kita. Mudah-mudahan program kita ini juga dapat menjalin hubungan akan selalu baik dan mitra juga dapat memanfaatkan mahasiswa sesuai dengan kemampuan serta kompetensinya dengan baik,” tuturnya.

Sementara, Presiden IMA Lampung Heri Andrian menyambut baik program magang yang pertama kali dilakukan dengan IIB Darmajaya. “Ini yang pertama di Lampung dengan menjalankan program merdeka belajar kampus merdeka,” ungkapnya.

Heri –biasa dia disapa – juga menerangkan perusahaan yang akan menjadi tujuan adik-adik mahasiswa merupakan perusahaan terkemuka nasional. “Pesan saya agar adik-adik ini dibimbing dan diberikan kesempatan belajar maksimal oleh perusahaan. Dengan harapan adik-adik yang magang dapat mempraktikan skill yang dimiliki,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri Wakil Rektor 2 Ronny Nazar, S.E., M.M., Kepala Cabang Auto2000 Wayhalim Helmi, Supervisor Gojek Arif, Perwakilan MNC Insurance Dadang, GM SKH Tribun Lampung Margaretha Iin Wahyuningrum, Associate Manager PT Nutrifood Indonesia Vio Dian Septiana, Dekan FEB dan Filkom, Kaprodi, dan mahasiswa.

Untuk diketahui, terdapat 18 mahasiswa yang akan menjalani magang selama 6 bulan dengan rincian sebagai berikut 4 mahasiswa Teknik Informatika dan 2 mahasiswa Manajemen di Gojek, 1 mahasiswa Akuntansi di UMKM Damarian, 1 mahasiswa Akuntansi di MNC Insurance, 7 mahasiswa Teknik Informatika di SKH Tribun Lampung, dan 3 mahasiswa Teknik Informatika di Auto2000 Way Halim. (*)

2 × one =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =