Inkubitek Darmajaya Gelar Pelatihan Manajemen Keuangan dan Penyusunan Laporan Keuangan Startup terhadap Tenant DSC 2021

Inkubitek Darmajaya Gelar Pelatihan Manajemen Keuangan dan Penyusunan Laporan Keuangan Startup terhadap Tenant DSC 2021

1
<
>

BANDARLAMPUNG – Inkubator Bisnis dan Teknologi (Inkubitek) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya memberikan pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan untuk Startup mahasiswa di Gedung Yoenidar Karim, Jumat, (30/4/2021).

Materi disampaikan Pebrina Swissia, S.E., M.M. dengan diikuti pemenang DSC 2021. CEO Startup juga langsung melakukan penyusunan laporan keuangan secara sederhana dengan dipandu pembicara.

Dalam materinya, Pebrina mengatakan pengelolaan keuangan diperlukan untuk menghindari kesulitan keuangan (financial distress). Seperti kesulitan arus kas, besarnya utang, dan kerugian operasional.

“Itulah mengapa penting sekali menjaga keseimbangan keuangan. Rumusnya, yang masuk harus lebih besar dari yang keluar. Kalau kita tidak memiliki laporan keuangan tidak mengetahui keuntungan yang diperoleh,” ungkapnya.

Dosen Prodi Akuntansi IIB Darmajaya ini juga menjelaskan mengenai analisis break event point (BEP). “Analisa BEP sangat penting bagi pimpinan perusahaan untuk mengetahui pada tingkat produksi berapa jumlah biaya akan sama dengan jumlah penjualan,” ujarnya.

BEP, kata Pebrina, bertujuan mendesain spesifikasi produk, menentukan harga jual persatuan, menentukan jumlah produksi atau penjualan minimal agar tidak terjadi kerugian dan lainnya. “BEP ini juga membantu kita dalam melihat keuangan dari usaha yang dijalankan,” tuturnya.

Pebrina juga menerangkan pembukuan bermanfaat untuk mencatat setiap transaksi yang masuk maupun uang yang keluar pada saat berbisnis. “Dengan adanya pembukuan, Anda dapat melihat pendapatan dan pengeluaran bisnis Anda sehingga dapat melakukan evaluasi terhadap bisnis ke arah yang lebih baik. Oleh karena pembukuan tidak hanya penting tetapi sangat penting sekali,” bebernya.

Sementara, Kepala UPT Inkubitek, Career Center dan Alumni (ICCA) IIB Darmajaya, Lilla Rahmawati, S.Sos., M.M., mengatakan pelatihan ini merupakan bagian program Inkubasi Tenant DSC 2021. “Kegiatan ini untuk membekali kemampuan manajemen keuangan yang baik dalam usaha yang dijalankan oleh pemenang DSC 2021,” ungkapnya.

Lilla –biasa dia disapa – menuturkan dengan penguasaan laporan keuangan yang baik maka startup akan dapat menambah pendanaan dari investor. “Manajemen keuangan dari startup juga akan tertib secara administrasi sehingga timbul kepercayaan investor dalam menanamkan modalnya,” pungkasnya. (*)

four × five =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =