Keluhan Lambat Ditanggapi, Pakai E-Complaint Karya Fauzan

Keluhan Lambat Ditanggapi, Pakai E-Complaint Karya Fauzan

untitled s 2203620_orig copy
<
>

Bandar Lampung – Menangani keluhan menjadi hal yang penting karena dapat mempengaruhi reputasi instansi/perusahaan. Untuk mempermudah dalam penyampaian keluhan, Muhammad Fauzan Azima berinisiatif membuat layanan komplain secara online berbasis mobile website.

Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya ini menjelaskan, layanan elektronik complain (e-complaint) berfungsi menampung keluhan, kritik, dan saran secara online untuk mengevaluasi dan memperbaiki pelayanan yang berpengaruh terhadap penjaminan mutu. Penelitian ini dilakukan Fauzan sebagai skripsinya di jurusan Teknik Informatika Darmajaya.

“Dalam penelitian ini, saya menerapkan teknologi informasi e-complaint berbasis mobile website di Kampus Darmajaya. Aplikasi ini dapat digunakan oleh mahasiswa, dosen, dan karyawan untuk menyampaikan keluhan, kritik, dan saran yang berhubungan dengan kampus dengan cepat melalui smartphone terkoneksi internet tanpa harus menemui bagian tertentu,” paparnya.

Fauzan melanjutkan, untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat masuk ke halaman login untuk mengisi username, password, dan captcha. Kemudian muncul tampilan menu diantaranya menu balas komplain untuk membalas atau berkomentar terhadap komplain pengguna lain, menu komplain bagian operasional untuk memasukkan keluhan, kritik, dan saran, menu diagram komplain untuk melihat jumlah presentase komplain terhadap suatu bagian operasional, menu bantuan, menu tentang, dan menu log out.

Pria kelahiran 23 November 1994 ini mengatakan, aplikasi tersebut juga dapat dikembangkan lagi untuk diadopsi dan diterapkan sebagai e-complaint pada perusahaan swasta lainnya maupun instansi pemerintah daerah sebagai wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan, kritik, dan saran.

Menanggapi penelitian tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset Darmajaya, Dr. RZ Abdul Aziz, ST., MT mengapresiasi dan mendukung para mahasiswa untuk aktif dan kreatif melakukan penelitian.

“E-complaint berbasis mobile website yang dirancang mahasiswa Darmajaya ini juga dapat menjadi alternatif bagi perusahaan atau instansi sebagai media yang dapat digunakan konsumen atau masyarakat dalam menyampaikan keluhan, kritikan, dan saran sehingga lebih mudah, cepat, dan transparan,” tuturnya.

Lanjutnya, penelitian merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, karena itu pihaknya memotivasi para dosen dan mahasiswa untuk menyalurkan ide pemikirannya ke dalam karya penelitian.

Darmajaya juga membuka ruang bagi perusahaan swasta maupun instansi pemerintah apabila ingin mengembangkan dan menerapkan program atau aplikasi dari penelitian dosen dan mahasiswa,” terangnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *