Kuliah di Darmajaya, Mahasiswi Rusia Senang Ikuti Berbagai Kegiatan Kampus

Kuliah di Darmajaya, Mahasiswi Rusia Senang Ikuti Berbagai Kegiatan Kampus

<
>

BANDARLAMPUNG – Polina Kurtenkova merupakan satu-satunya mahasiswi asal Rusia yang menjalani kuliah di Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.

Polina – biasa dia disapa – mengaku pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia. Mahasiswi Russian Social State University (RSSU) ini juga pertama kali merasakan kehidupan di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Menjalani kuliah di kampus swasta terbaik di Lampung, Polina belajar bahasa Perancis di Warung Perancis. “Kampus biru Darmajaya sangat jauh berbeda dengan kampusnya di Rusia. Di Darmajaya orangnya sangat ramah,” kata dia dengan menggunakan bahasa Inggris.

Beberapa kegiatan juga diikuti mahasiswi jurusan Hubungan Internasional ini, diantaranya menikmati keindahan pesisir Lampung, Pulau Pahawang. “It’s beautiful,” ucap dia singkat mengomentari Pulau Pahawang dengan keindahan pantainya.

Di kampung halamannya, Polina sangat jarang menemukan keindahan dan keasrian Pulau dan Pantainya. “Pantai di Rusia tidak seindah di sini,” kata dia, yang kuliah di kampus biru Darmajaya menjalani program student exchange selama enam bulan.

Tak hanya menikmati keindahan pesisir Lampung, Polina juga mengenal satwa ikon Provinsi Lampung. “Ke Lampung Timur lihat gajah ikut pembukaan Festival Way Kambas. Ada beberapa gajah tetapi tidak lama,” jelasnya. Mahasiswi yang tidak suka minum kopi ini juga senang berinteraksi dengan mahasiswa/i kampus biru. “Di kelas, dosennya juga sangat komunikatif bercerita tentang masa depan, berbeda dengan di RSSU yang menceritakan sejarah,” ujarnya.

Kegiatan lainnya, Polina juga mengikuti roadshow ke sekolah-sekolah bersama dengan mahasiswa/i kampus biru.“Saya melihat pendidikan sekolah dan berbagi pengalaman ke mereka,” imbuhnya. Selama di Indonesia, Polina tak kesulitan untuk beradaptasi dengan suhu maupun makanan. “Makan daging tetapi juga makan nasi. Rawon saya suka,” tuturnya.

Mahasiswi berusia 19 tahun ini juga senang menghabiskan waktu weekend di asrama dengan menonton film. “Libur saya habiskan untuk menonton film hollywood,” ceritanya.

Polina senang mengikuti berbagai kegiatan kampus IIB Darmajaya. “Ke Pahawang, Way Kambas, Pelindo Panjang, dan sekolah-sekolah sangat mengasyikan,” terangnya.

Kepala Bagian Hubungan Internasional IIB Darmajaya, Muhammad Dwiyan Aditiya, S.Pd., M.Pd., mengatakan Polina merupakan mahasiswi student exchange dari Benua Eropa di IIB Darmajaya. “Polina akan menjalani studi selama satu semester di Darmajaya. Selain kuliah Polina juga menjalani berbagai kegiatan,” ungkapnya.

Berkunjung ke sekolah-sekolah, mengenal pariwisata, dan budaya Lampung. “Pembelajaran yang diberikan ke Polina juga disesuaikan dengan kuliahnya di RSSU. Kegiatan-kegiatan yang diikuti Polina juga untuk menambah wawasannya seputar Provinsi Lampung dan Indonesia,” tandasnya. (**)

11 − 8 =

*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =