LP4M IIB Darmajaya Gelar Seminar Proposal Hibah Institusi

LP4M IIB Darmajaya Gelar Seminar Proposal Hibah Institusi

1
<
>

BANDARLAMPUNG – Lembaga Penelitian, Pengembangan, Pembelajaran dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar seminar proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat hibah institusi tahun akademik 2019/2020 di Gedung Yoenidar Karim lantai II, Selasa, (28/1/20).

Seminar proposal diikuti oleh pengajar Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Ekonomi Bisnis. Setiap peserta melakukan presentasi atas penelitian yang akan diajukan secara bergantian.

Kepala LP4M Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs. mengatakan bahwa penelitian atau pengabdian bukan semata-mata dari kebutuhan sendiri tetapi menjadi kebutuhan institusi. “Saya berharap motivasi ini harap dijaga berkelanjutan. Karena kita tahu penelitian merupakan bagian dari Tri Darma perguruan tinggi,” ungkapnya.

Penelitian dosen merupakan salah satu bagian dalam pengisian borang penilaian akreditasi institusi. “Karena dapat membantu pengisian borang dalam institusi. Harapannya dosen ditengah kesibukannya mengajar juga dapat melakukan penelitian,” ujarnya.

Doktor lulusan Universitas Gadjah Mada ini meminta tidak hanya penelitian berdasarkan hibah institusi. “Penelitian juga bisa mengajukan hibah yang diselenggarakan oleh Dikti atau penelitian lainnya. Saya berharap dapat ditingkatkan lagi penelitiannya kedepan,” tuturnya.

Sri Lestari juga menekankan agar motivasi diri dalam melakukan penelitian dapat dijaga. “Keberlangsungan motivasi ini harus dijaga agar dapat mencapai hasil yang lebih baik,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Rektor I IIB Darmajaya, Dr. RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., mengatakan kemajuan zaman tidak terlepas dari penelitian. “Kita tahu sejarah apel jatuh dibawah pohon yang menjadi mula penelitian ilmu gravitasi dari Sir Isaac Newton. Semuanya bermula dari penelitian,” ungkapnya.

Penelitian yang dilakukan tidak hanya digunakan dalam cakupan IIB Darmajaya tetapi juga masyarakat. “Bagaimana penelitian bisa bermanfaat. Perlu sekali LP4M ini bersinergi dengan yang lainnya. Banyak kampus-kampus besar dapat memasukkan banyak proposal penelitian dan ini juga harus menjadi kebiasaan Darmajaya,” ujarnya.

Doktor lulusan Jepang ini juga mengapresiasi kepada dosen yang dapat hadir untuk mengikuti seminar. “Belajar sungguh-sungguh. Jadi gunakan ini untuk meningkatkan kompetensi kalian karena dana penelitian ini besar,” tutupnya. (**)

5 × 1 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + twenty =