Magang di Auto2000, Ini Cerita Mahasiswa IIB Darmajaya

Magang di Auto2000, Ini Cerita Mahasiswa IIB Darmajaya

2
<
>

BANDARLAMPUNG – Tiga mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya membagikan cerita magangnya di Auto2000 Wayhalim, Bandarlampung. Ketiganya menjalani magang sejak Mei 2021 hingga 25 Oktober 2021, dan kegiatan itu merupakan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Ketiga mahasiswa itu adalah Aldith Renaldi Rangga Putra, Tio Altino, dan Muhammad Malik, dan mereka merupakan mahasiswa Prodi Teknik Informatika. Aldith ditempatkan pada Bagian Digital Marketing divisi General Service, Tio pada bagian Body Repair, dan Malik bagian sales.

Aldith menuturkan dia mendapatkan tugas pembuatan desain iklan promosi dan kegiatan. “Tidak setiap hari (tugasnya, red), tetapi sebulan beberapa kali. Kemudian, juga kalau ada event di Auto2000 kami ikut membantu,” kata dia, Rabu (27/10/2021).

Menurutnya, banyak yang diperoleh saat magang di Auto2000 Wayhalim. Mulai dari lingkungan kerja, cara berbicara, melakukan pendekatan kepada customer (pelanggan) hingga menerjemahkan konsep promosi dalam bentuk desain. “Magang ini sangat bermanfaat bagi saya dengan banyaknya pengetahuan yang didapat,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Tio. Menurut dia, banyak yang didapatkan dari magang di tempat itu. “Banyak, seperti pembuatan video yang mereka inginkan itu seperti apa, kemudian cara menerima customer. Alhamdulilah bermanfaat, dan lebih tahu dunia kerja secara langsung. Serta bagaimana dunia kerja di perusahaan ternama,” ucapnya.

Tio sendiri selama magang mendapatkan tugas menjalankan fungsi digital marketing. “Saya membuat video proses perbaikan body lalu penggantian warna mobil dan salon mobil,” kata Tio yang berhasil memproduksi 5 video selama magang tersebut.

Sementara, Malik menerangkan tugasnya selama magang membuat postingan di media sosial Auto2000 Wayhalim, membalas ulasan di Google My Business, membalas pesan booking service hingga menjawab pertanyaan terkait harga mobil dan aksesoris.

“Alhamdulillah yang saya dapatkan banyak sekali. Mulai dari cara menghadapi customer yang complain. Kemudian, cara pemasaran agar pelanggan tertarik dengan produk dan kita sampai mendesain yang baik itu seperti apa,” ucapnya.

Menurutnya, magang yang dijalaninya sangat bermanfaat. “Kita seperti dipersiapkan untuk terjun di dunia kerja, karena kita di kampus hanya memperoleh ilmunya. Sedangkan magang berguna untuk menerapkan ilmu yang kita dapatkan dari kampus. Mahasiswa juga bisa mendapatkan pengalaman kerja, karena seperti yang kita ketahui dunia kerja itu tidak mudah,” ujarnya.

IIB Darmajaya tidak hanya memberikan kesempatan mahasiswa dalam menjalani magang ke perusahaan terkemuka daerah, nasional, dan multinasional. Mahasiswa juga dapat memilih untuk mengikuti program Kampus Merdeka diantaranya Kampus Mengajar, Magang Studi Independen Bersertifikat, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Proyek Kemanusiaan, Riset, hingga wirausaha. (**)

sixteen − 7 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + eleven =