MAHASISWA DARMAJAYA JALANI STUDENT MOBILITY DI RANGSIT UNIVERSITY THAILAND

MAHASISWA DARMAJAYA JALANI STUDENT MOBILITY DI RANGSIT UNIVERSITY THAILAND

BANDARLAMPUNG – Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya raih kesempatan emas ikuti kuliah satu semester di Rangsit University (RSU) Thailand. Rangsit University (RSU) yang berdiri pada tahun 1995 ini dikenal karena keunggulan akademik dan standar pengajaran internasional.

Perguruan tinggi tersebut telah terakreditasi penuh oleh Komisi Pendidikan Tinggi Pemerintah Thailand dan menempati kategori tertinggi dalam audit jaminan mutu yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan serta Kantor Standar Nasional Pendidikan dan Penilaian Mutu Thailand.

Rangsit university memiliki jumlah mahasiswa sekitar 30 ribuan orang dengan fasilitas ruang kuliah dan zona administrasi, perpustakaan dan pelayanan akademik, pusat kesehatan dan rumah sakit, ilmu pengetahuan dan teknologi zona, kelompok bangunan ilmu-ilmu sosial, pusat olahraga, dan zona support kampus.

Dengan segala keunggulan yang ditawarkan, tiga mahasiswa IBI Darmajaya sangat beruntung bisa berkesempatan kuliah di RSU melalui program Student Mobility yang digulirkan IBI Darmajaya. Mereka yakni Syarip Hidayat, Ilfa Marifatin Nisa dan Ayu Waruli Chastelo serta ribuan mahasiswa asing lainnya menimba ilmu selama satu semester dari bulan Agustus hingga Desember.

Selama menjalani masa perkuliahan, mereka akan mengikuti beberapa mata kuliah sesuai dengan jurusan masing-masing, seperti jurusan manajemen mereka akan mempelajari manajemen operasi, aspek hukum bisnis dan dasar-dasar akuntansi. Sementara untuk jurusan Sistem Informasi, mahasiswa akan mempelajari basis data terdistribusi, data warehouse dan sistem informasi.

Kepala Urusan Hubungan Internasional IBI Darmajaya, Rahmalia Syahputri, mengatakan ini menjadi tahun pertama IBI Darmajaya mengirimkan mahasiswanya untuk program student mobility ke Thailand. Belajar langsung dari salah satu perguruan tinggi terbaik di Thailand, dia berharap ini akan bisa menjadi pengalaman yang berarti bagi mahasiswa, baik dalam bidang keilmuan, sosial maupun budaya.

“Rangsit University merupakan salah satu kampus terkemuka di Thailand, karenanya beruntung sekali kami bisa menjalin kerjasama dengan universitas ini dan mengirimkan mahasiswa untuk belajar langsung disana” katanya.

Dia juga berharap kepada mahasiswa untuk bisa memanfaatkan program student mobility sebaik mungkin. Terlebih, kata dia, Rangsit University, merupakan salah satu perguruan tinggi di Thailand yang fokus pada pengembangan teknologi, kewirausahaan, keuangan, dan manajemen. Hal ini tak jauh berbeda dengan IBI Darmajaya yang juga fokus dalam pengembangan teknologi dan bisnis.

“Adanya kesamaan ini, tentunya mahasiswa harus bisa memanfaatkan waktu selama perkuliahan dengan baik agar menambah khasanah pengetahuan dan ilmu sesuai dengan jurusan yang mereka ambil. ” paparnya. Tambahnya “selain student mobility, kami juga bekerjasama dalam bidang pertukaran dosen, penelitian bersama, dan pertukaran kebudayaan”.

Sementara itu Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE.MA., menuturkan dalam rangka mengembangkan wawasan dan kemampuan mahasiswa secara global, IBI Darmajaya telah menjalin kerjasama internasional dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri, salah satunya Rangsit University.

“Kami memberikan banyak kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar keluar negeri. Diharapkan program kerjasama internasional bisa menjadi stimulus bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensinya sehingga tercipta lulusan yang berkualitas dan berdaya saing global” harapnya.(*)

five × 2 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + 10 =