Mahasiswa Malaysia Kuliah di IIB Darmajaya

Mahasiswa Malaysia Kuliah di IIB Darmajaya

<
>

BANDARLAMPUNG – Empat mahasiswa asal Malaysia kuliah di Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengikuti program student mobility.

Keempat mahasiswa/i tersebut berasal dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) yakni Puteri Nuraliah, Iffah Izzati, Ridojalani dan Siti Muzainah. Mahasiswa asal Malaysia akan menjalani perkuliahan di kampus biru selama enam bulan.

Kepala Bagian Hubungan Internasional IIB Darmajaya, Muhammad Dwiyan Aditya, S.Pd., M.Pd., mengatakan mahasiswa asal Malaysia sudah seminggu berada di Kota Tapis Berseri. “Ketiga mahasiswa datang terlebih dahulu dan menyusul seorang mahasiswi yang tiba pada Minggu (27/10/19). Masih ada dua mahasiswa lagi yang akan tiba di Lampung,” ungkapnya.

Keempat mahasiswa akan masuk dalam perkuliahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). “Mata kuliah yang dijalani juga sudah disesuaikan dengan perguruan tinggi asal mereka. Mereka juga akan menjalani berbagai kegiatan selain kuliah di IIB Darmajaya,” ujarnya.

Budaya dan bahasa Lampung juga akan dikenalkan kepada mahasiswa asal Malaysia. “Mahasiswa asal Malaysia juga dikenalkan pariwisata di pesisir Lampung. Beberapa hari lalu sudah kita kenalkan keindahan pesisir Lampung,” tuturnya.

Sementara, Wakil Rektor IV IIB Darmajaya, Prof. Dr. Ir. RA Bustomi Rosadi, M.S., mengatakan mahasiswa asing banyak yang meminati kuliah di kampus biru. “Tidak hanya dari Malaysia yang setiap tahun selalu mengirimkan mahasiswa untuk kuliah di kampus biru Darmajaya. Dari Tiongkok juga selalu mengirimkan mahasiswanya,” ucapnya.

Dengan adanya mahasiswa asing di IIB Darmajaya menjadikan perkuliahan bilingual. “Mahasiswa kita juga semakin terpacu dalam penguasaan bahasa Inggris maupun bahasa internasional lainnya,” ujarnya.

Prof Bustomi – biasa dia disapa – berharap dengan adanya mahasiswa asing yang selalu bertambah menjadikan kampus biru semakin dikenal di dunia internasional. “Ini juga secara langsung menjadikan IIB Darmajaya sebagai kampus internasional,” imbuhnya.

Perwakilan mahasiswa asal Malaysia, Ridojalani mengatakan bahwa kuliah di Darmajaya sangat menyenangkan. “Pengajarnya baik dan teman-teman kuliahnya juga baik,” ucapnya. Tempat wisata di Pesisir Lampung juga sangat indah. “Di Malaysia tempat saya tinggal ingin ke Pantai sangat jauh berbeda dengan di sini,” kata dia.

Bersama dengan teman-temannya, dia berharap dapat mengenal banyak tentang Lampung. “Ini baru pertama kali ke Lampung dan Bandar Lampung,” tandasnya. (**)

four + 10 =

*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 13 =