Mahasiswa Rancang Aplikasi Media Pemesanan Menu Pada Restoran

Bandar Lampung – Perkembangan bisnis kuliner di Provinsi Lampung membuat Aldila Aktoreta berinisiatif merancang aplikasi media pemesanan menu pada restoran. Software ini dapat digunakan restoran untuk memudahkan aktivitas pemesanan menu.

Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya ini mengatakan saat ini masih banyak restoran dalam praktek pemesanan dilakukan secara manual dengan cara pelayan mencatat pesanan pada kertas lalu diserahkan ke koki dan kasir. Menurutnya cara tersebut kurang efektif, dan rentan terjadi kesalahan penulisan, atau kertas pesanan yang dapat tertukar.

“Untuk menanggulanginya, aplikasi media pemesanan menu berbasis mobile ini dapat mengintegrasikan kinerja pelayanan, koki, dan kasir. Sistem ini bisa mempercepat aliran informasi, meminimalkan kesalahan pemesanan, dan perhitungan pembayaran,” ujarnya.

Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika ini menjelaskan, untuk menggunakan aplikasi ini user diharuskan login dengan mengisi username dan password yang dimiliki setiap pelayan, koki, dan kasir. Pelayan dapat memilih menu pada aplikasi sesuai dengan pesanan pelangganan. Data pesanan, otomatis akan masuk kedalam aplikasi yang digunakan koki dan kasir.

“User pelayan dapat memilih gambar menu pada aplikasi. Selanjutnya informasi tentang menu yang telah dipesan akan diterima user koki dan kasir lengkap dengan nomor meja, nama menu, deskripsi tentang menu, jenis makanan atau minuman, harga menu, jumlah pesanan, dan total pembayaran. Melalui aplikasi ini, pelayanan juga dapat mengetahui status pesanan apakah belum selesai atau telah selesai dimasak untuk mengantarkan pesanan kepada customer,“ terang pria kelahiran Jombang, 21 Oktober 1990 ini.

Software yang dibangun Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer ini menggunakan Personal Home Page (PHP) sebagai bahasa pemrograman, My Structured Query Language (MySQL) sebagai pengelola database, dan Framework Bootstrap untuk membuat tampilan responsive pada Smartphone Android. Aplikasi berjalan secara offlinebased yang terhubung dengan webservice melalui koneksi jaringan wi-fi atau wireless pada localserver.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Informatika IBI Darmajaya, Rionaldi Ali, SKom., MTI mengatakan aplikasi ini merupakan salah bentuk pemanfaatan teknologi untuk menunjang dan memaksimalkan aktivitas bisnis. Software ini sangat bermanfaat bagi pengusaha restoran karena dapat mempermudah, dan mempercepat kinerja pelayan, koki, dan kasir dalam melayani pemesanan menu.

“Pelanggan restoran tidak hanya ingin menikmati makanan atau minuman yang lezat dengan suasana restoran yang nyaman, tetapi juga ingin mendapat pelayanan yang terbaik. Menggunakan aplikasi ini dapat mempercepat informasi dari pelayan untuk segera sampai ke koki dan kasir, sehingga pembeli merasa puas karena tidak menunggu pesanannya datang terlalu lama,” imbuhnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *