Mengajar Mahasiswa Prodi Manajemen, Pankaj Das: KPI Tolok Ukur Kinerja

Mengajar Mahasiswa Prodi Manajemen, Pankaj Das: KPI Tolok Ukur Kinerja

98
<
>

BANDAR LAMPUNG – Key Performance Indicator (KPI) menjadi tolok ukur dalam menilai kinerja seseorang dalam berorganisasi maupun bekerja. Hal ini disampaikan Pankaj Das saat memberikan materi kepada mahasiswa Prodi

Manajemen IIB Darmajaya Jumat, (8/1/21). ”KPI digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan organisasi atau aktivitas tertentu (seperti proyek, program, produk, dan inisiatif lainnya),” kata dia.

Indikator kinerja utama, lanjut dia, adalah nilai yang dapat diukur menunjukkan seberapa efektif perusahaan mencapai tujuan bisnis utama. “KPI tingkat tinggi dapat berfokus pada kinerja perusahaan secara keseluruhan, sedangkan KPI tingkat rendah dapat berfokus pada proses di departemen, seperti penjualan, pemasaran, atau pusat panggilan,” bebernya.

Dia juga menjelaskan KPI digunakan mengukur kontribusi individu, departemen, dan kantor secara akurat, jelas, dan obyektif dengan mudah. “Terjemahkan visi dan strategi, soroti kelemahan organisasi dan tetapkan KPI untuk meningkatkan kinerja, alat manajemen tunggal yang ringkas untuk kinerja operasional, dan dapatkan keunggulan kompetitif,” tuturnya.

Pankaj Das menerangkan pentingnya KPI karena ada kebutuhan untuk memahami dengan baik apa yang penting, berbagai teknik untuk menilai keadaan bisnis saat ini, dan aktivitas utamanya dikaitkan dengan pemilihan indikator kinerja. “Penilaian ini seringkali mengarah pada identifikasi potensi peningkatan, sehingga indikator kinerja secara rutin dikaitkan dengan inisiatif peningkatan kinerja,” ujarnya.

Cara yang paling umum untuk memilih KPI, kata Pankaj, dengan menerapkan kerangka kerja manajemen seperti balanced scorecard. “Penerapan KPI juga sebagai motivasi dalam menjalankan sebuah kegiatan,” imbuhnya.

Pankaj Das yang merusakan dosen tamu asal Nepal mengisi kuliah mahasiswa Prodi Manajemen IIB Darmajaya selama belasan pertemuan yang dilakukan secara daring dengan aplikasi zoom. Selama perkuliahan, Pankaj Das memberikan materi yang berbeda kepada setiap kelas selama 2 jam. (**)

11 + 18 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =