Pengabdian Masyarakat, Dosen IIB Darmajaya Berikan Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Pesawaran

Pengabdian Masyarakat, Dosen IIB Darmajaya Berikan Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Pesawaran

IMG-20211223-WA0102
<
>

PESAWARANDosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan pengabdian “Mewujudkan Kemandirian UMKM Melalui Pelatihan dan Pendampingan Branding, Digital Marketing, Manajemen SDM dan Keuangan.

Kegiatan ini merupakan hilirisasi dari hasil penelitian yang berjudul Implementasi Rangking Based pada SiMoniK (Sistem Infomasi Monitoring Kinerja UMKM) untuk Rekomendasi Strategi Peningkatan Kemandiran UMKM di bawah Binaan Dinas Koperasi dan UMKM Pesawaran.

Kegiatan pengabdian didanai oleh Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS yang diselenggarakan Ditjen Diktiristek Tahun Anggaran 2021.

Adapun kegiatan pengabdian diikuti UMKM yang terdapat pada 11 kecamatan di Pesawaran dengan total 115 UMKM yang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan.

Ketua Pengabdian Dr. Sri Lestari S.Kom, M.Cs., mengatakan pengabdian yang dilakukanya bersama dengan dua dosen Yulmaini, S.Kom., M.Cs., dan Dr. Mieke Rahayu, M.M. Selain itu juga melibatkan 6 dosen dan 5 mahasiswa yaitu Ahmad Ardhan Kurniawan, Farid Akram, Irvan Gani Saputra, Sylvia, dan Ari Rohmawati.

“Tujuan pengabdian ini untuk mewujudkan kemandirian UMKM melalui pelatihan dan pendampingan branding, digital marketing, manajemen SDM dan keuangan,” ucap dia, Kamis (23/12/2021).

Kegiatan pengabdian ini dibentuk dalam dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari Kecamatan Gedongtataan, Negerikaton, Waylima, Waykhilau, Kedondong, dan Tegineneng dengan kegiatan dipusatkan di Desa Kutoarjo, Kecamatan Gedongtataan, 16-18 Desember 2021.

Kemudian, kelompok kedua terdiri dari Kecamatan Telukpandan, Padangcermin, Wayratai, Margapunduh, dan Punduhpidada, dipusatkan di Desa Durian, Kecamatan Padangcermin, 19-21 Desember 2021.

Peserta mendapatkan pelatihan dan pendampingan mulai dari branding dengan pembicara Yulmaini, S.Kom., M.Cs; Ade Moussadecq, S.Pd., M.Sn; dan Muhammad Redintan Justin, M.Ds. Untuk digital marketing menggunakan Marketplace UMKM dengan narasumber Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs; Sulyono, S.Kom., MTI, dan Ruki Rizal Nul Fikri, S.Kom., M.T.I.

Kemudian, Manajemen SDM UMKM dengan pemateri Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs. dan Dr. Mieke Rahayu, MM. Juga mendapatkan pelatihan dan pendampingan pelaporan keuangan UMKM dari Aswin, SE., M.M. dan Fitri Agustina, S.E., M.Acc., Akt.

Sri Lestari menerangkan kegiatan pelatihan dan pendampingan diberikan karena dampak pandemi Covid-19, UMKM yang ada mengalami penurunan omset yang sangat signifikan mencapai 90 persen. “Harapannya setelah kegiatan ini para pelaku UMKM dapat melaksanakan hybrid marketing (konvesional dan marketplace UMKM). Sehingga jangkauan pangsapasar semakin luas dan omset penjualan meningkat. Mampu mengelola SDM dengan baik, dan memiliki pelaporan keuangan yang terstruktur, dan bisa menetapkan harga jual dengan tepat,” kata dia.

Dalam kegiatan tersebut, IIB Darmajaya juga memberikan dua buah alat kepada perwakilan UMKM di Kabupaten Pesawaran. Kedua alat tersebut yakni Spinner Peniris Minyak dengan kapasitas 5 kilogram dan Coutinous Sealer. (**)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *