Peran Kampus Merdeka di Era Disrupsi, IIB Darmajaya Gelar Semnas 2020

Peran Kampus Merdeka di Era Disrupsi, IIB Darmajaya Gelar Semnas 2020

1
<
>

BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian 2020 dengan tema “Peran Kampus Merdeka di Era Disrupsi dalam Rangka Mencetak SDM Unggul Menuju Indonesia Maju” Rabu, (26/8/20).

Pelaksanaan Seminar Nasional dilakukan melalui virtual dengan zoom meeting diikuti 200 peserta. Adapun pembicara Ketua Aptikom Pusat Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D., Reviewer Nasional Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dr. Ir. Satria Jaya Priatna, M.S., dan Dr. Indra Budi Sumantoro, S.Pd., M.M.

Ketua Pelaksana Seminar Nasional 2020 IIB Darmajaya, Dr. Lukmanul Hakim, M.Si., mengatakan Seminar Nasional 2020 dilaksanakan untuk meningkatkan penelitian dan pengabdian masyarakat. “Pemakalah sebanyak 45 peserta,” ungkapnya.

Kegiatan Seminar Nasional 2020 IIB Darmajaya ini merupakan bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi. “Semnas 2020 untuk meningkatkan mutu pelajaran dan daya saing alumni. Sains dan teknologi akan bermanfaat dan bermakna dengan aktivitas yang baik dalam pengerjaannya,” tuturnya.

Kepala Balitbangda Provinsi Lampung Ir. Hamartoni Ahadis diwakili Kepala Bidang Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Balitbangda Winaryanti, S.E., M.M. mengatakan peran kampus dalam Era Disrupsi terdapat perubahan dalam pembelajaran dan perkuliahan. Dimana perguruan tinggi juga harus berani merubah dan mendisrupsi diri dengan menggunakan pembelajaran daring.

“Harus adaptif, memiliki inovasi, menghadapai perubahan zaman. Sebagai masyarakat yang berhadapan era Modern. Dunia pendidikan sangat mendorong pembangunan SDM yang unggul,” ucapnya.

Kedepan tantangan global semakin berat dengan penelitian dan pengabdian masyarakat ditengah wabah pandemi Covid-19. “Tetapi saya yakin dengan pembangunan manusia yang unggul dalam Era Disrupsi ini dapat menjadi Indonesia Unggul dan Maju,” ujarnya.

Sementara, Wakil Rektor IV IIB Darmajaya, Prof. Dr. Ir. RA Bustomi Rosadi, MS mengatakan perkembangan teknologi Indonesia saat ini berada pada urutan 91. Salah satu pengukur kemajuan bangsa adalah inovasi dalam industrial.

“Indonesia perlu melakukan evaluasi menyeluruh dengan diterapkannya merdeka belajar yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa bebas memilih kompetensi. Saya berharap dari kegiatan ini kita dapat meningkatkan penelitian dan pengembangan dari inovasi yang telah dilakukan,” imbuhnya.

Dari semnas ini juga dapat memanfaatkan teknologi tepat guna. “IIB Darmajaya sebagai salah satu perguruan tinggi memfokuskan dalam penelitian, inovasi, dan pengabdian masyarakat dalam memberikan sumbangsih pembangunan di Provinsi Lampung. IIB Darmajaya memiliki komitmen dalam peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat,” ucapnya. (**)

twenty − seven =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − four =