PKPM Desa Pagelaran, Mahasiswa Darmajaya Kembangkan Produk Olahan Lele

PKPM Desa Pagelaran, Mahasiswa Darmajaya Kembangkan Produk Olahan Lele

<
>

Pringsewu –Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran sangat terkenal dengan hasil perikanan air tawar, sehingga dijadikan daerah sentra ikan air tawar di Kabupaten Pringsewu.

Potensi ini dijadikan ide oleh mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya untuk mengembangkan produk olahan ikan lele bersama Usaha Kecil Menengah (UKM) Erwina yakni abon ikan lele dan kripik kulit lele pedas.

Mahasiswa IIB Darmajaya tengah menjalani Pratek Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) selama 1 bulan sejak 1 Februari – 1 Maret 2018 di Desa Pagelaran, Pringsewu. Mereka yakni Dwi Nanda W, M. Budi Wijaya, Samsul Nugroho, Raihan Arafat, M. Viki Yerza, Jevo Yolanda, dan Piko Dalimunthe.

“Selama ini, UKM Erwina telah memproduksi abon lele yang terbuat dari daging lele. Untuk memanfaatkan kulitnya, tim PKPM kami berinisiatif membuat kripik kulit lele pedas. Sehingga produk olahan lele dari UKM Erwina di Desa Pagelaran ini lebih beragam,” ujar Raihan.

Dalam membangun bisnis yang maju juga dibutuhkan perencanaan dan pelaporan keuangan yang baik. Untuk itu, mahasiswa PKPM Darmajaya juga memberikan pelatihan akuntansi untuk membuat laporan keuangan bagi UKM.

“Selain itu, kami juga memberikan pelatihan komputer untuk aparatur desa baik program word, exel, dan power point. Kami berharap, mudah-mudahan kehadiran kami sebagai mahasiswa PKPM IIB Darmajaya di desa ini bermanfaat bagi masyarakat setempat untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dibidang IT (Information and Technology) dan ekonomi bisnis,” tambahnya.

Sementara itu, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) PKPM Desa Pagelaran, Halimah Yunus, SKom., MTI menjelaskan, PKPM bertujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar berinteraksi, bersosialisasi, dan berbagi ilmu yang dimiliki dari perkuliahan kepada masyarakat desa

“Melalui program PKPM, mahasiswadiharapkan dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan pengusaan IT dan pengembangan ekonomi kreatif pada UKM desa,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, PKPM periode ganjil tahun 2018 ini diikuti 115 mahasiswa IIB yang tersebar di 16 desa di 6 kecamatan di Kabupaten Pringsewu. Diantaranya, Kecamatan Pringsewu, Sukoharjo, Banyumas, Gadingrejo, Pagelaran, dan Ambarawa.(*)(HumasDarmajaya/Citra)