Prodi Bisnis Digital IIB Darmajaya Gelar Webinar Optimalisasi SEO dalam Berjualan

Prodi Bisnis Digital IIB Darmajaya Gelar Webinar Optimalisasi SEO dalam Berjualan

19
<
>

BANDARLAMPUNG – Program Studi (Prodi) Bisnis Digital Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar webinar Optimalisasi Search Engine dalam Meningkatkan Penjualan Produk di Era Baru Selasa, (16/6/20).

Adapun pembicara yang dihadirkan merupakan CEO & Founder Edukasi 4.0 Rejive Dewangga, S.T. dan Pengajar IIB Darmajaya Sabiqul Iman, S.A.B., M.Si. Webinar diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah diantaranya dari Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Rejive Dewangga mengatakan dengan kondisi Era Revolusi Industri 4.0 saat ini juga sudah memaksimalkan digital dalam setiap kegiatan. “Di tengah wabah pandemi covid-19 ini juga secara perlahan menggeser kebiasaan yang tadinya konvensional menjadi online dan virtual,” ungkapnya.

Angga –biasa dia disapa – menerangkan membiasakan kegiatan offline dan online ini secara konsisten juga dilakukan pada semua bidang kehidupan. “Maka setiap orang juga harus upgrade skills di bidang teknologi khususnya web developer, SEO specialist, digital marketer & mobile developer,” ujarnya.

Mulai mencoba untuk membuat website sendiri ketika skill telah dimiliki. “Belajar menentukan target pasar dan mencari keyword yang tepat dalam postingan artikel di website,” tuturnya.

Dengan sederhana, kata dia, dapat menggunakan website platform wordpress. “Keyword membuat website berada di halaman pertama google. Tidak harus konsisten dalam membuat artikel tetapi sangat membantu bila dalam website dapat konsisten mengupdate tulisannya,” imbuhnya.

Sementara, pembicara lainnya Sabiqul Iman menerangkan setiap individu saat ini sangat terbiasa dengan menggunakan online. “Usaha online, kini semakin menggeliat dengan banyak transaksi dalam marketplace. Wabah pandemi ini juga membuat banyaknya usaha yang membangunnya kembali melalui online terutama dalam website,” ucapnya.

Dalam meningkatkan SEO sebuah website, tidak didapatkan secara menyeluruh melalui sekolah atau perkuliahan. “SEO merupakan skill practice karena tidak banyak diajarkan di kampus. Kita harus mengembangkan kemampuan tersebut dengan mengikuti pelatihan-pelatihan,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Program Studi Bisnis Digital IIB Darmajaya, M. Rafiq, S.E., M.Si., mengatakan webinar ini dalam rangka pengenalan prodi kekinian Bisnis Digital kepada lulusan SMA/SMK dan khalayak umum. “Materi juga sesuai dengan perkembangan dunia digital saat ini,” ungkapnya.

Kedepan, lanjut dia, akan digelar kembali webinar sebagai edukasi kepada masyarakat dalam menjalani usaha melalui marketplace. “Untuk adik-adik yang ingin lebih jauh mengetahui bagaimana memulai bisnis melalui marketplace dapat mendaftarkan diri ke kampus IIB Darmajaya,” ajaknya. (**)

eight + three =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 14 =