Prof. Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si. Guru Besar Pertama IIB Darmajaya

Prof. Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si. Guru Besar Pertama IIB Darmajaya

WhatsApp Image 2022-01-29 at 12.49.53
<
>

BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya berhasil menelurkan guru besar pertama sejak didirikan tahun 1995. Prof. Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si. ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek RI) Nadiem Anwar Makariem, Senin 24 Januari 2022.

Penetapan Prof. Anuar Sanusi ditandai dengan terbitnya surat nomor 6778/MPK.A/KP.05.01/2022 tentang Kenaikan Jabatan Akademik “Guru Besar” bidang Ilmu Manajemen. Dosen Pascasarjana Manajemen IIB Darmajaya ini mengenyam pendidikan sarjana di Universitas Hasanudin, Makassar lulus tahun 1986.

Kemudian, melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Sriwijaya, Palembang, lulus tahun 2002 dan mengenyam pendidikan doktor (S3) di Universitas Negeri Jakarta lulus tahun 2011. Pria kelahiran Lahat, 10 Mei 1959 ini juga beberapa kali pernah mengemban amanah akademik di Kampus The Best IIB Darmajaya. “Saya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena tanpa ridho dari-Nya tidak akan terjadi (Guru Besar) dan terima kasih kepada orang-orang yang telah men-support dan membantu terutama kepada orangtua (almarhum dan almarhumah) serta Rektor dan jajarannya (Civitas Academica IIB Darmajaya),” kata Prof. Anwar Sanusi.

Menurut dia, pencapaian guru besar dilaluinya dengan perjuangan yang sangat panjang. “Ini gelar akademik tertinggi. Mudah-mudahan diikuti dengan tanggung jawab yang juga besar. Insya Allah ini barokah dan bermanfaat buat orang banyak keluarga, masyarakat bangsa dan negara,” kata dia.

Menurut Prof. Anwar Sanusi, kontribusi akademik ini supaya tetap terjaga dengan baik melalui pengembangan ilmu pengetahuan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Harapan saya selain inspirasi buat teman-teman satu profesi, juga meningkatkan jaringan atau link ke lembaga terkait termasuk teman-teman setiap publikasi,” ucapnya.

Prof. Anwar berpesan kepada seluruh Civitas Academica IIB Darmajaya untuk terus menggali potensi diri. “Tuntut ilmu sampai kapanpun juga, karena tuntut ilmu itu tidak ada pensiunnya,” imbuhnya.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya Dr. Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., mengatakan Prof. Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si. merupakan guru besar atau profesor pertama di IIB Darmajaya. “Semoga dapat menginspirasi bagi dosen-dosen lain untuk mengikuti jejak Prof. Anuar,” kata Firmansyah.

Menurut dia, IIB Darmajaya berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan meningkatkan kualitas SDM tenaga pengajar. “Kita memiliki 26 dosen bergelar doktor baik di program sarjana maupun pascasarjana dengan kualifikasi lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Semoga Prof. Anuar dapat terus berkarya dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi di Lampung dan Indonesia, khususnya di IIB Darmajaya,” kata Rektor. (**)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *