Puluhan Mahasiswa IIB Darmajaya Ikuti Pemilihan Duta GenRe

Puluhan Mahasiswa IIB Darmajaya Ikuti Pemilihan Duta GenRe

<
>

BANDARLAMPUNG – Puluhan mahasiswa/i Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengikuti pemilihan audisi Duta Generasi Berencana (GenRe).

Audisi dilakukan di Lantai II Gedung Pascasarjana, Selasa – Rabu (12-13 November 2019). Setiap peserta menunjukkan kemampuannya dihadapan dewan juri diantaranya Kepala Bagian Intrakurikuler dan Konseling Biro Kemahasiswaan IIB Darmajaya, Ambar Aditya Putra, S.Kom., M.T.I.

Ketua Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Sehati IIB Darmajaya, Tri Wulandari mengatakan pemilihan Duta GenRe merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh PIK-R Sehati IIB Darmajaya. “Ini tahun kedua pelaksanaan Duta GenRe. Peserta merupakan mahasiswa/i baru IIB Darmajaya,” ungkap dia Rabu, (13/11/19).

Menurutnya, jumlah peserta yang mengikuti audisi hingga hari terakhir sebanyak 90 mahasiswa. “Dalam audisi juga membuka wawasan dan kepribadian peserta terutama dalam menyikapi kenakalan remaja. Dewan juri memberikan study case pemecahan masalah kenakalan remaja dengan peserta memberikan solusinya,” ujarnya.

Mereka juga diminta tanggapan mengenai sex bebas, Napza, dan pernikahan usia muda. “Terakhir peserta juga memberikan tanggapan atas kode etik sebagai mahasiswa dan budaya disiplin kampus,” tuturnya.

Wulan – biasa dia disapa – menerangkan kegiatan Duta GenRe juga agar mahasiswa dapat memahami dan menyosialisasikan kehidupan remaja yang sehat dan positif. “Setelah audisi akan diumumkan 36 besar dan menjadi 20 besar finalis putra dan putri. Selanjutnya akan dilakukan karantina dengan memilih 10 besar menuju grand final,” ucapnya.

Sementara, Wakil Rektor III IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., mengatakan kegiatan pemilihan Duta GenRe merupakan salah satu agen dalam memberikan pemahaman kehidupan remaja yang sehat dan positif. “Sebagai mahasiswa harus berperan dalam memberikan edukasi kesehatan reproduksi dan pergaulan yang positif,” ungkapnya.

Muprihan juga menerangkan kegiatan ini juga akan dilanjutkan dengan pengiriman perwakilan Duta GenRe dalam tingkat daerah pemilihannya oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). “Ini seperti tahun sebelumnya yang berkompetisi dengan perguruan tinggi lainnya. Dengan mengikuti organisasi dan kegiatan membuat mahasiswa menambah wawasan dan pengetahuannya sekaligus sebagai pengabdian mereka ke masyarakat,” tandasnya. (**)

4 + 8 =

*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 14 =