Ratusan Mahasiswa IIB Darmajaya akan Jalani PKPM dan KP Daring

Ratusan Mahasiswa IIB Darmajaya akan Jalani PKPM dan KP Daring

39 40
<
>

BANDARLAMPUNG – Ratusan mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjalani pembekalan Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) dan Kerja Praktik (KP) yang akan dilaksanakan 20 Juli – 20 Agustus 2020.

Pembekalan PKPM dan KP tahun 2020 ini berbeda dari tahun sebelumnya karena melalui virtual dengan zoom meeting Selasa, (14/7/20). Adapun tema pelaksanaan PKPM yaitu Optimalisasi Teknologi Informasi dalam Peningkatan Ketahanan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19.

Ketua Pelaksana PKPM dan KP 2020, Nurjoko, S.Kom., M.T.I., mengatakan pembekalan diikuti oleh 446 mahasiswa yang akan mengikuti PKPM. “Untuk KP diikuti oleh 104 mahasiswa,” ungkapnya.

PKPM tahun ini, lanjut dia, mahasiswa menjalani di wilayah atau tempat tinggalnya masing-masing dengan melakukan pencegahan dan membantu memutus mata rantai Covid-19. “Untuk pelaksanaan KP juga dilakukan dalam jaringan (daring). Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Nurjoko menerangkan untuk dosen pembimbing lapangan (DPL) PKPM sebanyak 104 dan KP terdapat 67 orang. “Semua kegiatan baik dalam bimbingan maupun pelaksanaan PKPM juga dilakukan dengan daring,” tuturnya.

Ketua Program Studi Sistem Informasi ini juga mencontohkan beberapa kegiatan ataupun program kerja yang dapat dilakukan dalam PKPM. “Pembuatan hand sanitizer, pembuatan bahan leaflet dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Penguatan materi daring bersama guru dan pendampingan siswa di sekitar tempat tinggal dalam menjalani aktivitas daring,” urainya.

Pelaksanaan PKPM dan KP yang dilakukan daring juga tanpa mengurangi kualitas dari pelaksanaan untuk membangun daerah dan meningkatkan kemampuan diri. “Setiap hari mahasiswa wajib melaporkan kegiatan yang dilakukan kepada DPL dalam menjalani PKPM dan KP. Mahasiswa juga wajib menjalani program yang telah dibuat selama 30 hari pelaksanaannya,” tegasnya.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya, Dr. (Can). Ir. H. Firmansyah Y Alfian, MBA., M.Sc., mengatakan kegiatan PKPM dan KP merupakan bagian dari pembelajaran mengaktualisasikan diri dengan lingkungan. “Mahasiswa harus mampu beradaptasi terhadap lingkungan, baik di tempat tinggal maupun lokasi KP. Dengan situasi wabah pandemi, mahasiswa juga diminta berperan dalam pencegahan memutus mata rantai Covid-19,” ungkapnya.

Firman –biasa dia disapa – juga berpesan kepada mahasiswa/i yang melaksanakan PKPM dan KP untuk selalu menjaga kesehatan. “Patuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas dengan menggunakan masker, membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan berolahraga untuk menjaga kondisi tubuh,” tutupnya.

18 − 11 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 7 =