Simulasi E-Voting di Desa Podomoro Hasil Karya Dosen Sistem Komputer Darmajaya

Simulasi E-Voting di Desa Podomoro Hasil Karya Dosen Sistem Komputer Darmajaya

117
<
>

PRINGSEWU – Simulasi pemilihan kepala desa atau pekon secara daring melalui sistem electronic voting (e-voting) karya akademisi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Bayu Nugroho, S.Kom., M.Eng, berjalan lancar di Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Selasa (9/2/2021).

Sistem e-voting tersebut yang diterapkan juga hasil karya bersama dua alumni yakni Arif Setiawan, S.Kom. dari Prodi Sistem Komputer dan Tri Agung Biantoro, S.Kom. dari Prodi Teknik Informatika. Bayu Nugroho menuturkan e-voting merupakan sistem pemilihan kepala desa secara daring.

“Memanfaatkan perangkat elektronik dalam mengolah informasi digital untuk memberikan suara, menghitung perolehan suara, mengirimkan hasil serta rekapitulasi, menayangkan hasil, memelihara dan menghasilkan jejak audit,” kata dia.

Kemudahannya, lanjut Bayu, dengan menyentuh panel gambar (monitor touchscreen) calon kepala desa. “Bedanya dari sistem e-voting lainnya di Indonesia pemilih menggunakan e-KTP yang digunakan sebagai login untuk menyalurkan aspirasinya. Prosesnya dimulai dari registrasi di bilik suara hingga melakukan pemilihan dengan waktu 1 menit selesai,” tuturnya.

Dosen Sistem Komputer ini merancang e-voting bersama kedua alumni hanya dalam waktu seminggu. “Kita gunakan RFID reader, perangkat sistem on-chip, dan server,” ucapnya.

Keunggulan lainnya, lanjut dia, sistem e-voting menghitung hasil perolehan suara dengan cepat, akurat dan efisien menggunakan perangkat elektronik yang terhubung dengan server. “Aplikasi e-voting ini termasuk dalam program smart village,” imbuhnya.

Bayu menambahkan simulasi e-voting di Pekon Podomoro ini jadi yang pertama kali di Provinsi Lampung. “Podomoro sekaligus menjadi salah satu pekon lokus (pilot project) dalam program smart village Provinsi Lampung,” paparnya.

Untuk diketahui dalam simulasi dihadiri Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Dr. Drs.Yusharto Huntoyungo, M.Pd.; Kepala Balai Pemerintahan Desa Ditjen Pemerintahan Desa Kemendagri Irsan, SH, M.Si., Ph.D.; dan Bupati Pringsewu H. Sujadi.

Selain itu, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung Dr. Zaidirina, SE, M.Si; Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Lampung A.Syaifullah; Wakil Ketua DPRD Pringsewu Rizky Raya Saputra; Sekda Pringsewu Drs. H. Heri Iswahyudi, M.Ag; dan CEO DJ Corp Davit Kurniawan serta pejabat terkait di lingkungan pemerintah daerah dan Forkopimda Pringsewu. (**)

eight + twenty =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 4 =