UKM Assalam PTS Terbaik di Sumbagsel ini Gelar Webinar Meraih Cinta Melalui Ibadah Qurban

UKM Assalam PTS Terbaik di Sumbagsel ini Gelar Webinar Meraih Cinta Melalui Ibadah Qurban

190
<
>

BANDARLAMPUNG – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Assalam IIB Darmajaya bersama Aman Palestin menggelar webinar “Meraih Cinta Melalui Ibadah Qurban” dengan pembicara Ustaz Edgar Hamas Kamis, (15/7/2021).

Ustaz Edgar Hamas mengatakan terdapat dua nabi yang menjadi contoh uswatun hasanah di dalam Al Quran. “Bagaimana kita untuk belajar mencintai Allah dan mencintai sesama seperti tauladan Nabi Ibrahim AS,” ungkapnya.

Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad SAW, lanjut dia, merupakan predikat untuk Uswatun Hasanah yang disebutkan dalam Al Quran. “Banyak sekali contoh ataupun suri tauladan dalam kisah para nabi dan kedua nabi (Ibrahim dan Muhammad) yang menjadi Uswatun Hasanah. Namun juga banyak contoh-contoh buruk yang dikisahkan dalam Al Quran sebagai pengingat kita agar tidak melakukan perbuatan tersebut,” ujarnya.

Edgar melanjutkan bahwa kisah Nabi Ibrahim ini diceritakan dalam Al Quran dimana kepatuhannya terhadap Allah Swt. “Ibrahim juga menyerukan untuk tidak menyembah benda-benda ataupun berhala. Umat muslim disyariatkan untuk berkurban agar dapat meneladani ketaatan Nabi Ibrahim dan sebagai bentuk komitmen seorang hamba pada Allah,” tuturnya.

Dia juga menerangkan Qurban pertama kali dilakukan pada zaman Nabi Adam AS. Dimana dikisahkan Qabil dan Habil yang memberikan Qurban dari hasil berkebun dan peternakannya.
“Dalam Surat Al Kautsar yang merupakan surat paling pendek dengan memiliki makna paling dalam pada kata Wanhar berarti “berkurban”. Perintah itu jelas,” ucapnya.

Edgar juga menyampaikan langkah-langkah dalam proses penyembelihan hewan Qurban. “Haram mempersembahkan qurban kepada selain Allah, harus berkasih sayang pada hewan, berbuat ihsan ketika menyembelih, menajamkan pisau, menjauh dari hewan qurban ketika menajamkan pisau, menggiring hewan ke tempat penyembelihan yang baik, membaringkan hewan yang akan disembelih, dan menghadapkan hewan ke arah kiblat,” bebernya.

Sementara, Ketua Pelaksana Acara, Rahmad Mahfudin mengatakan kegiatan webinar ini adalah salah satu rangkaian dari Darmajaya Muslim Festival. “Webinar ini bekerja sama dengan lembaga Aman Palestina yang mana kami menghadirkan Ustad Muhammad Edgar Hamas,” ucapnya.

Kegiatan ini, lanjut dia, merupakan Progja dari UKM Assaalam IIB Darmajaya. “Agendanya rutin setiap tahun. Harapan kami peserta webinar dapat mengikuti dan berkurban baik secara pribadi maupun melalui lembaga Aman Palestina,” tutupnya. (*)

 

nineteen + seventeen =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =