UMKM Go Digital KPP Pratama Kotabumi, Dosen IIB Darmajaya Jadi Pembicara

UMKM Go Digital KPP Pratama Kotabumi, Dosen IIB Darmajaya Jadi Pembicara

<
>

TULANG BAWANG – Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjadi pembicara Business Development Service (BDS) Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kotabumi bersama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Tulang Bawang di Hotel Le’man Unit II Tulang Bawang, Kamis, (12/12/19).
BDS mengangkat tema UMKM Mandiri, UMKM Go Digital dihadiri 50 peserta. Dr. Anggalia Wibasuri, S.Kom., M.M., tak sendiri menjadi narasumber, bersama dengan Diah dari Way Kanan.

Dalam paparannya, Anggalia menjelaskan untuk melakukan promosi dan meningkatkan penjualan dengan menggunakan media digital konsumen sebelumnya mencari informasi dan melakukan pembelian melalui internet. “Hoffman dan Novak (1996) dalam bukunya menyatakan sebagian konsumen mencari informasi produk dan jasa melalui internet atau untuk navigasi informasi dan pengalaman,” ungkapnya.

Keunggulan e-marketing, lanjut dia, mampu menjangkau berbagai konsumen. Diantaranya target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok, transaksi bisnis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah, dan jalur proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik. “Kemudian, dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat, dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, dapat mengawasi pesaing dan menciptakan dialog antara perusahaan dengan konsumen,” bebernya.

Doktor lulusan Universitas Lampung ini juga menerangkan bahwa social media marketing untuk UMKM meliputi facebook, instagram, youtube, dan what’s app. “Gerakan UMKM online ini juga sudah diresmikan Kemenkominfo 2019 di Pasar Tebet Timur, Jakarta Selatan. Pemberdayaan UMKM Mandiri melalui pasar kompetitif, kualitas produk, pengemasan, dan perizinan usaha,” tuturnya.

Sementara, Wakil Rektor 1 IIB Darmajaya, Dr. RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., mengapresiasi KPP Pratama Kotabumi menunjuk dosen IIB Darmajaya menjadi pembicara. “Ini membuktikan keilmuan dari pengajar IIB Darmajaya diakui oleh dunia luar dalam hal KPP Pratama Kotabumi dan Dinas Koperasi dan UMKM Tulang Bawang,” ungkapnya.

Doktor lulusan Jepang ini berharap sharing keilmuan ini juga dapat diikuti oleh akademisi IIB Darmajaya lainnya. “Kepercayaan ini akan terus dijaga untuk meningkatkan kompetensi pengajar lainnya dan dapat membantu masyarakat melalui disiplin ilmunya ataupun stakeholder terkait,” tutupnya.

BDS UMKM Mandiri, UMKM Go Digital juga dihadiri oleh Kepala KPP Pratama Kotabumi Indra Priyadi dan Perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Tulang Bawang Feriany Said, M.Kes. Sebelumnya, bulan lalu Anggalia Wibasuri juga menjadi pembicara dalam Pelatihan 10.000 UMKM Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian Pemkab Tanggamus dan Bank BRI. (**)

six + one =

*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =