UPT Bahasa IIB Darmajaya Gelar Seminar Daring Communication Skill

UPT Bahasa IIB Darmajaya Gelar Seminar Daring Communication Skill

44 45
<
>

BANDARLAMPUNG – Kemampuan komunikasi yang baik akan membuat efektif pembicaraan. Hal ini disampaikan Kepala UPT Bahasa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Yan Aditiya Pratama, S.Pd., M.Pd., M.M., dalam seminar daring Communication Skill pada Jumat, 14 Agustus 2020.

Yan Aditiya juga menjelaskan gerak tubuh (gesture) dalam berkomunikasi dengan orang. “Ketika berbicara dengan menggigit tangan dapat diartikan orang tersebut mengalami kegugupan. Itu gambatan umum yang sering tidak kita sadari,” ungkapnya.

Menurutnya, memahami karakter dalam membangun pertemanan atau relasi dengan baik akan terjalin silahturahmi baik juga dengan khalayak. “Keuntungan tersebut akan kembali ke diri kita lagi. Jadi tidak salah untuk membangun komunikasi yang baik dan benar pada usia dini,” terangnya.

Dosen IIB Darmajaya ini juga menerangkan tips komunikasi yang efektif. “Memiliki kesamaan dalam topik pembicaraan, simpel bahasanya, mendengarkan, mengilustrasikan, dan penegasan dengan perilaku,” bebernya.

Adit –biasa dia disapa – menuturkan komunikasi dalam era Digital saat ini konten dan pembicaraan harus sejalan. “Adanya koneksi antara informasi yang diberikan dengan sebuah pengalaman dan ide. Percakapan yang dibangun juga menimbulkan interaksi dan respon sehingga informasi menjadi tersampaikan dengan baik,” tuturnya.

Beberapa contoh komunikasi yang baik ketika mengirimkan pesan kepada dosen juga dijelaskannya. “Untuk komunikasi yang efektif terhadap pengajar atau yang lebih tua dengan menyampaikan salam dan menuliskan kata maaf sebelumnya pada awal pesan. Karena sudah pasti kita akan mengganggunya,” jelasnya.

Adit menambahkan bahwa masih terdapat kekeliruan bertutur dalam melakukan komunikasi terutama dari kalangan remaja. “Melatih komunikasi yang efektif dimulai dari hal kecil terutama keluarga, lingkungan sekitar hingga tempat bekerja,” imbuhnya.

Tips lainnya dalam membangun komukasi yang efektif di era digital saat ini yaitu membangun konten pembicaraan, menyampaikan dengan tepat dan tidak bertele-tele, dan ciptakan timbal balik sehingga topik itu menjadi menarik untuk dibicarakan.

Sementara, Kepala Bagian Pemasaran IIB Darmajaya, Adi Sutrisno, S.Kom., mengatakan seminar daring ini juga untuk mengenalkan kampus The Best Darmajaya kepada masyarakat. ”Dari kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu peserta untuk berkomunikasi efektif,” ujarnya.

Adi menambahkan pengenalan IIB Darmajaya kini juga dioptimalkan melalui kegiatan seminar daring dalam situasi pandemi Covid-19. “Banyak upaya yang kita lakukan, salah satunya seminar daring dengan tema tertentu. IIB Darmajaya juga merupakan kampus yang sangat siap menjalani kegiatan melalui daring baik pembelajaran maupun event-event lainnya,” tutupnya.

8 − 7 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 1 =