Wow…Darmajaya.ac.id Website PTS Peringkat 1 Versi Webometrics di Lampung

Wow…Darmajaya.ac.id Website PTS Peringkat 1 Versi Webometrics di Lampung

<
>

BANDAR LAMPUNG — Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjadi perguruan tinggi swasta nomor satu di Lampung dalam peringkat webometrics. Secara nasional, webometrics IIB Darmajaya berada di peringkat 85. Sementara, untuk peringkat dunia berada di peringkat 5.611 dengan presence ranking 6.075, impect ranking 3.727, oppeness ranking 7.220, dan exellence ranking 5974.

“Kita kan tahun tujuan pemeringkatan Webometrics adalah lebih kepada penilaian kualitas media online perguruan tinggi, bukan menjadikan lambang lebih baik dan lebih buruk bagi total kualitas perguruan tinggi yang ada saat ini,” kata Wakil Rektor III IIB Darmajaya Muprihan Thaib., S.Sos., M.M.

Muprihan mengucapkan banyak terima kasih kepada sivitas akademika dan masyarakat yang telah menjadikan website darmajaya.ac.id sebagai media massa pendidikan tinggi yang sering dikunjungi. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada stakeholder yang sudah mengunjungi website darmajaya.ac.id,” kata dia.

Webometrics adalah salah satu perangkat atau sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) melalui Website universitas tersebut.

Peringkatan dimulai pada 2004 dan didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi Web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Peringkat ini diperbaharui setiap Januari dan Juli, penyedia Web indikator universitas dan pusat penelitian di seluruh dunia.

Beberapa metodologi penilaian Webometrics adalah: Visibility: Impact (50%) yang merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Untuk meminimalisir kesalahan dan data bisa terkoreksi dengan benar, maka Webometric mengumpulkan data jumlah link tersebut dari dua situs yaitu Majestic SEO dan Ahrefs. Indikator.

Kemudian, Activity (50%), terdiri atas Presence. Yaitu jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Jumlah ini mewakili halaman situs perguruan tinggi yang aktif dan diperbarui.

Kemudian, Openness, yang merupakan jumlah file dokumen di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).
Sedangkan, Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar. Termasuk jumlah paper akademik berkualitas, yang dipublikasikan dalam jurnal yang memiliki reputasi internasional.

“Webometric bukanlah tujuan akhir, namun merupakaan pemetaan dari kekuatan UB di bidang social networking baik interneal sekaligus ekternal. Apapun tujuan webomteric sangatlah kita hargai untuk memacu partisipasinya ke masyarakat luas, salah satunya dari publikasi penelitian,” kata dia. (**)